Soal Penampakan Milky Way saat Malam Nyepi di Bali, Ini Penjelasan BMKG

Galaksi. livescience.com

Beritabalionline.com – Foto penampakan bintang bertebaran dan terlihat jelas di langit saat malam Hari Raya Nyepi di Bali, Minggu (14/3/2021) viral di media sosial. Penampakan itu sering disebut fenomena Milky Way atau galaksi Bimasakti seperti taburan bintang menyala di langit ketika tidak ada pengaruh cahaya yang dominan.

“Milky way atau arasi Bintang Bimasakti itu akan terlihat lebih baik bila tidak ada pengaruh cahaya lain misalnya juga dari bulan. Kebetulan, pada saat Nyepi, tidak ada cahaya yang nyala sehingga terlihat jelas di angkasa,” ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Bali, Iman Faturahman yang dikonfirmasi wartawan, Senin (15/3/2021).

Namun demikian, Faturahman menyebut BMKG tidak melakukan kajian terkait peristiwa tersebut. Penjelasan lebih lengkap bisa diterangkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Kalau kita, memang tidak ada rilis terkait milky way. Itu kan sudah astronomi mungkin bisa ceks ke teman-teman di Lapan,” terangnya.

Namun, pihaknya mengatakan peristiwa itu tidak hanya terjadi pada malam Nyepi. Biasanya bulan Juni sampai November ketika musim kemarau, Milky Way juga tampak di langit. (itn)

BACA JUGA:  BTP Sambangi "Kandang Banteng" di Pulau Dewata