Antisipasi Cuaca Ekstrem, Polresta Denpasar Siagakan Personel Antisipasi Bencana

Salah satu peralatan yang dipakai menangani bencana alam. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang masih melanda wilayah Bali termasuk Denpasar. Akibatnya sejumlah ruas jalan terendam air serta beberapa pohon berukuran besar tumbang.

“Berkaitan dengan hal tersebut perlu diambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Selasa (9/3/2021) di Mapolresta Denpasar.

“Terutama kesiapan personel apabila terjadi bencana alam yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem yang terjadi secara tiba-tiba,” ujarnya saat apel kesiapan antisipasi bencana alam dan pelatihan tangguh hadapi bencana.

Menurutnya, satgas tangguh harus mampu tanggap dan tangguh secara fisik maupun mental dalam menghadapi tantangan agar mampu melayani dan memberikan pertolongan kepada masyarakat korban bencana alam.

Kapolresta menerangkan, dalam pelatihan diikuti 50 personel Polresta Denpasar. Namun jika terjadi bencana, seluruh personel Polresta sudah siap untuk turun ke lapangan.

Pihaknya meminta kepada personel agar mengikuti pelatihan dengan baik dan sungguh-sungguh agar kualitas personel yang akan dilibatkan dalam setiap penanggulangan bencana alam memiliki kemampuan.

“Pelatihan ini merupakan kesiapsiagaan kita sebagai alat negara guna memperkuat komitmen pelayan kepada masyarakat,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Wali Kota Denpasar Dukung Aksi Nasional Pencegahan Korupsi yang Dicanangkan KPK