Marak Warga Asing di Bali Tak Patuhi Prokes, Danrem Usul Agar Mereka Dideportasi

Seorang bule berdebat saat ditegur petugas lantaran tak pakai masker. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Sejumlah warga asing di Bali yang masih membandel tidak mengenakan masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah akan dideportasi.

“Kalau tidak mau memakai masker, tidak mau mematuhi protokol kesehatan dan marah-marah saat ditertibkan akan difoto, diberi surat peringatan oleh Satpol PP dan diberikan kepada Imigrasi,” kata Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, Rabu (24/2/2021) di Denpasar.
“Kalau ini kembali dilakukan oleh orang yang sama, hal tersebut akan menjadi dasar pemulangan mereka ke negaranya,” lanjut Danrem.
Menurutnya, dari pengakuan sejumlah warga asing yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan, mereka merasa tidak nyaman ketika beraktivitas dengan memakai masker.
Padahal sudah jelas pemerintah telah mengeluarkan aturan bagi siapapun yang beraktivitas di luar rumah agar mematuhi protokol kesehatan.
Lantaran kasus bule bandel tidak memakai masker terus terjadi sehingga viral di masyarakat, pihaknya lantas mengusulkan agar dilakukan tindakan tegas berupa deportasi.
Usulan ini terang Brigjen TNI Husein Sagaf telah disampaikan secara resmi saat rapat dengan pemerintah pusat beberapa waktu lalu.
“Nanti Kementerian di pusat akan mengumpulkan para duta besar agar mereka menyampaikan kepada masyarakatnya supaya taat protokol kesehatan,” tuturnya.
Dengan adanya sikap tegas berupa pendeportasian ini kata Danrem, pihaknya berharap akan menjadi efek jera bagi para warga asing lainnya. (agw)
BACA JUGA:  Gubernur Koster Resmikan Penggunaan Aksara Bali Bandara I Gusti Ngurah Rai