Dua Pekan Diburu, DPO Asal Rusia Ditangkap Petugas Gabungan

Rilis penangkapan DPO WN Rusia. (FOTO : ist)
Beritabalionline.com – Dua warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Andrew Ayer alias Andrey Kovalenko (32) beserta istrinya Ekaterina Trubkina yang sebelumnya dinyatakan DPO ditangkap petugas gabungan.
“Sudah ditangkap oleh tim gabungan dari Polda Bali dan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Rabu (24/2/2021) di Denpasar.
Jamaruli menerangkan, pasutri asal Rusia ini ditangkap saat bersembunyi di sebuah villa di kawasan Seminyak, Kuta, Badung, Rabu (24/2/2021) sekitar pukul 01.30 Wita.
Dijelaskan, kasus ini bermula dari Andrew Ayer menjalani proses pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas
I Khusus TPI Ngurah Rai setelah keluar dari LP Kerobokan atas kasus narkotika.
Dalam proses administrasi pemindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar, Kamis (11/2/2021) sekitar pukul 13.20 Wita, ia dijenguk istrinya bernama Ekaterina Trubkina.
Usai dijenguk, pemilik paspor bernomor 7536xx yang divonis 1 tahun 6 bulan atas kepemilikan hasis seberat setengah kilogram semestinya akan kembali diperiksa petugas. Namun ia memilih kabur.
Dalam rekaman CCTV yang beredar, Andrew Ayer keluar pintu pemeriksaan dengan mengendap. Saat itu ia mengenakan celana panjang dan kaos warna hitam serta sepatu warna merah.
Setelah 13 hari melakukan pencarian, petugas gabungan menerima informasi jika keduanya tinggal di area Canggu, Kuta Utara, Badung. Namun sampai di sana keduanya telah pindah tempat.
Tak mau kehilangan buronan, petugas terus bergerak melakukan pencarian dan akhirnya dapat menemukan kedua DPO di salah satu villa di Jalan Bumbak Dauh, Seminyak, Kuta, Badung.
“Keduanya saat ini diamankan di ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai,” tutur Jamaruli. (agw)
BACA JUGA:  Tipu Investor Sebesar Rp16 Miliar, Ketua Kadin Bali Dikeler ke Mapolda Bali