Gunung Sinabung Meletus, Semburkan Awan Panas Disertai Lava Pijar Sejauh 2 Km

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meletus menyemburkan guguran awan panas dan lava pijar sejauh dua kilometer. (FOTO : Antara)

Beritabalionline.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali meletus dengan meluncurkan guguran awan panas disertai lava pijar sejauh dua kilometer.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, Sinabung meletus atau erupsi terjadi pada Jumat malam (12/2/2021). Luncuran lava pijar terpantau menuju timur dan tenggara Gunung Sinabung.

”Guguran awan panas sejauh 1 km juga terpantau ke arah timur, tenggara, dan selatan Gunung Sinabung,” terang Armen, Sabtu (13/2/2021).

Dia menjelaskan, guguran awan panas itu tercatat dengan amplitudo 120 mm dengan durasi gempa selama 159 detik. ”Cuaca mendung dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara. Suhu udara 17–23 derajat celcius,” kata Armen.

Saat ini, lanjut dia, Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status level III (siaga).

Dia mengimbau warga maupun petani untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” ujar Armen Putra. (itn)

BACA JUGA:  KPK akan Kembali Panggil Menteri Agama Terkait Kasus Dugaan Suap Jual Beli Jabatan