Kepala Rutan Bangli dan Pegawainya Terkonfirmasi Corona

Suasana Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bangli. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Negara Klas II B Bangli Febriansyah dan beberapa pegawainya dinyatakan terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Guna mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus yang dapat mematikan tersebut, mereka kini menjalani karantina.

Petugas kesehatan Rutan Bangli dr I Gusti Putu Sumertayasa yang dikonfirmasi wartawan membenarkan dua pejabat dan tiga staf di lingkungan Rutan Bangli terkonfirmasi positif Covid-19. Dua pejabat yang dimaksud, yakni Kepala Rumah Tahanan (Karutan) dan Kepala Pengaman (KP) serta tiga orang staf.

“Sesuai SOP kini mereka menjalani karantina,” terangnya, Rabu (10/2/2021).

Lebih lanjut dikatakan Gusti Putu Sumertayasa, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini berawal pada Senin (1/2/2021) Febriansyah menjalani test swab di Rumah Sakit Bali Mandara.

”Beliau melakukan test swab karena mau berangkat ke Jakarta,” jelasnya, seraya menambahkan, hasil test swab menunjukkan positif Covid-19.

Mengetahui hal tersebut, Febriansyah kemudian memerintahkan stafnya agar melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Bangli untuk dilakukan test terhadap pegawai.

Selanjutnya petugas dari puskesmas Bangli turun melakukan tes dengan menyasar delapan orang pegawai. “Hasilnya empat pegawai dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap Sumertayasa.

Ditanya soal kemungkinan dilakukan test bagi warga binaan, Sumertayasa mengatakan, salah seorang yang sempat kontak erat dengan Kepala Rutan Bangli menjalani test rapid antigen dengan hasil negatif.

“Walaupun hasilnya non-reaktif, namun yang bersangkutan kami isolasi di block A,” ujarnya.

Untuk menghindari penyebaran virus Corona, sejak bulan Maret 2020 Rutan Bangli tidak lagi melayani pembesuk, dan pelayanan dilakukan lewat video call.

”Begitu pula bagi warga binaan yang baru masuk, wajib menjalani isolasi terlebih dahulu,” demikian Sumertayasa. *ist

BACA JUGA:  Belasan Rumah dan Puluhan Mobil Tenggelam, Diterjang Banjir Bandang