Masih Perlukah Pakai Masker Setelah Disuntik Vaksin? Ini Jawabnya

Pakai masker.

Beritabalionline.com – Distribusi vaksin dan vaksinasi sudah dilakukan di Indonesia sejak 13 Januari lalu. Cara ini diharapkan mampu mengatasi pandemi Covid-19 dengan lebih cepat.

Walau begitu, ketika seseorang telah mendapat vaksinasi, bukan berarti dia bisa abai dengan prokol kesehatan yang diterapkan. Kepatuhan dengan protokol kesehatan ini harus tetap dilakukan hingga pandemi benar-benar berakhir.

Salah satu hal yang juga penting untuk dilakukan walau telah mendapat vaksinasi adalah penggunaan masker. Dikutip dari The Health Site, Rabu (20/1/2021), terdapat sejumlah alasan mengapa masker tetap harus digunakan walau telah mendapat vaksinasi.

Vaksinasi yang diberikan terhadap seseorang membutuhkan dua kali suntikan untuk dapat bekerja secara efektif. Dari suntikan pertama ke suntikan kedua dibutuhkan waktu beberapa minggu.

Butuh waktu sebelum vaksin benar-benar bekerja secara sempurna pada tubuh dan infeksi masih mungkin terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti penggunaan masker tetap penting untuk dilakukan.

Pemberian vaksin pada seseorang dilakukan secara bergilir dan tidak serentak pada satu hari. Hal ini memungkinkan seseorang yang telah divaksin membawa virus terhadap orang lain walau kemungkinannya kecil.

Vaksinasi terhadap Covid-19 tidak diberikan pada semua orang. Hal ini terutama karena masih banyak orang yang menolak vaksinasi ini. Selain itu terdapat juga orang dengan kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk mendapat vaksinasi.

Oleh karena itu, risiko penyakit ini masih tetap ada di masyarakat sehingga semua orang tetap harus menggunakan masker. *itn

BACA JUGA:  Rai Mantra Buka Pawai Ogoh-Ogoh PAUD Se-Kota Denpasar