“Energi Spiritual” Karya Kang Dedy Dibandrol Miliaran Rupiah

Kang Dedy. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Pelukis Dedy Rochendi yang akrab disapa Kang Dedy, lahir di Bandung pada 27 Januari 1966. Pria yang juga berprofesi jurnalis ini dibesarkan di kota Pahlawan Surabaya, dan sejak tahun 2009 hingga sekarang menetap di Denpasar, Bali.

Sebagai seniman, Kang Dedy telah menjelajah hampir seluruh daerah di Indonesia, bahkan dunia Internasional untuk memperlajari karya-karya pelukis besar di Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Makao, Thailand, Malaysia, Singapore, Mesir, Jordania, Israel dan Palestina.

Kepada beritabalionline.com, Rabu (20/1/2021), Kang Dedy mengatakan, seluruh karya lukisnya memiliki makna dan nilai fantastis, karena seorang pelukis besar harus berani menghargai karyanya agar seluruh dunia mengapresiasi karyanya.

“Aku selalu memberi spirit dalam setiap lukisanku, dengan kalimat, ‘Ini Bukan Lukisan Biasa” memiliki filosofi yang sangat dalam untuk kehidupan sebagai sebuah karya seni yang bernilai,” tutur Kang Dedy

Salah satu karya Kang Dedy yang diberi judul Tribhuwana Tunggadewi.

Ditambahkannya, semua lukisannya dibandrol Rp1,5 miliar tanpa nego. Karena menurutnya, sebuah karya seni akan bernilai di kalangan kolektor dan penggemar lukisan bila pelukisnya sendiri berani menghargai karyanya.

Mengapa disebut “Bukan Lukisan Biasa?”

“Karena setiap karya lukisku melalui proses pengerjaan yang unik dan spiritual, aku selalu memaknai setiap goresannya, perlu waktu setahun untuk menyelesaikan sebuah lukisan, namun ada juga yang bisa selesai lebih cepat, bahkan sehari saja,” ujar Kang Dedy, memberi alasan mengenai karyanya yang disebutnya bukan lukisan biasa.

Lebih jauh tutur Kang Dedy, sebelum dirinya melukis, diawali dengan puasa berhari-hari, bahkan tidak tidur selama 40 jam, untuk memohon hikmat dan tuntunan Tuhan, sehingga tercipta lukisan yang hidup, dan bernilai fantastis. *ist

BACA JUGA:  Dihadiri Kapolda Bali, Wabup Gianyar Buka Tenis Meja Bupati Cup II