Fokus Tangani Korban Gempa, Vaksinasi Covid-19 di Sulbar Ditunda

Bantuan logistik untuk korban gempa Sulbar. (FOTO : Antara)

Beritabalionline.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Dinas Kesehatan menunda agenda vaksinasi Covid-19 akibat gempa hingga waktu yang belum ditentukan. Pihak dinas kesehatan masih menunggu kondisi kondusif dan para tenaga vaksinator serta masyarakat yang mendapatkan jatah vaksin telah kembali ke tempat masing-masing.

“Kita tunda sampai kondisi lebih stabil dan kondusif atau para pengungsi telah kembali. Sekarang fokus pelayanan kesehatan bagi korban gempa,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulbar dr Muhammad Ichwan saat dikonfirmasi dari Makassar, Senin (18/1/2021).

Dijelaskannya, program vaksinasi Covid-19 di Sulbar belum dilakukan. Termasuk kepada para pejabat yang masuk daftar prioritas. Hal itu, kata dia, karena sebelum peluncuran vaksinasi, tiba-tiba gempa melanda daerah itu beberapa jam sebelumnya.

“Jadi paginya (15/1) kita rencana launching, sementara gempa terjadi dinihari. Jadi sejauh ini belum ada yang kita vaksin, masih nol persen,” ucap dia.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar, Muhammad Alif Satria mengatakan target sasaran dari pemberian vaksin tersebut, terbagi lima, yaitu, tenaga kesehatan, sebanyak 10.569, pelayanan publik sebanyak 94.023, kemudian masyarakat rentan secara geoposial, sosial, ekonomi sebanyak 343,132 orang. (itn)

BACA JUGA:  Real Count KPU, Sementara Jokowi Ungguli Prabowo