Konjen Jepang Puji Pemprov Bali Kendalikan Penyebaran Covid-19

Gubernur Koster saat menerima Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar, Ms Katsumata Harumi. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Denpasar, Ms Katsumata Harumi memuji langkah-langkah yang ditempuh Pemprov Bali dalam mengendalikan Covid-19. Pujian itu dilontarkan Katsumata saat memperkenalkan diri sebagai Konjen yang baru kepada Gubernur Bali Wayan Koster di rumah Jabatan Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (12/1/2021).

“Inisiatif yang dilaksanakan Bapak Gubernur sangat membantu mencegah penyebaran Covid-19 secara masif. Dan saya pastikan warga kami yang masih stay di Bali akan dengan tertib menjalankan peraturan serta imbauan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Bali. Keselamatan adalah prioritas kami,” tegas Konjen Harumi.

Ia juga akan memastikan Bali tetap jadi salah satu tujuan wisata utama bagi warga Jepang yang akan berlibur.

“Bali kaya dengan budaya dan seni, alamnya juga sangat indah. Banyak sekali warga Jepang yang sangat cinta dengan Bali, dan saya akan lakukan hal terbaik untuk membantu memulihkan Bali nantinya,” tukas Konjen Harumi.

Sebelumnya, Gubernur Wayan Koster mengharapkan hubungan kerjasama yang baik antar Jepang-Indonesia dan Bali khususnya tetap terjaga pada masa-masa mendatang. Selama ini jalinan kerjasama kedua negara sangat baik, di antaranya terkait bidang pariwisata, ekonomi, pendidikan dan lainnya.

“Saya harapkan ke depannya bisa ditingkatkan lagi karena secara budaya Jepang dan Bali ada kemiripan, dan masyarakat Jepang pun sangat menghargai budaya yang ada di Bali,” kata Gubernur Koster.

Gubernur Koster menyebut, potensi kerjasama lain yang dapat dikembangkan kedua belah pihak, yakni menyangkut penyediaan energi bersih berkelanjutan serta teknologi transportasi ramah lingkungan.

“Bali kini sangat berkepentingan dengan pengembangan energi bersih yang berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Jepang kita ketahui sangat maju di bidang tersebut,” tandas Gubernur Koster.

BACA JUGA:  SMSI Dukung KPU Bali Wacanakan Kampanye Pilkada dengan Platform Digital

Sedangkan menyangkut penanganan pandemi Covid-19, Gubernur Koster menjelaskan bahwa Bali sangat konsen dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 dengan melakukan pengetatan Protokol Kesehatan.

”Angka-angka (penanganan, red) kita terus membaik. Pencapaiannya sangat baik dibandingkan daerah lain di Indonesia. Kasus baru cukup terkendali, tingkat kesembuhan di atas 90 persen yang merupakan tertinggi di Indonesia dan tingkat kematian sangat rendah,” jelasnya.

Ia mengatakan, Bali sejauh ini masyarakatnya sangat tertib. Dan juga menerapkan nilai-nilai kearifan lokal, melibatkan desa adat dalam bagian pengendalian dan penangan covid.

“Hal ini bahkan mendapat pujian dari Bapak Presiden karena hasilnya cukup baik,” imbuhnya. (ist)