Awal 2021, Bali Dilanda Cuaca Ekstrem

Pohon berukuran besar tumbang usai hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Badung. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Bencana alam seperti tanah longsor dan banjir mengancam sebagian wilayah Bali di awal tahun 2021. Ini dikarenakan wilayah Bali tengah memasuki musim penghujan.

“Sebagian besar wilayah Bali memasuki musim penghujan. Dampak dari cuaca ekstrem berupa tanah longsor dan banjir,” kata Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo, Selasa (5/1/2021) di Denpasar.

BMKG Wilayah III Denpasar memperkirakan hujan deras disertai angin kencang akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan.

“Hujan disertai petir dan angin kencang berpotensi akan berlangsung di Denpasar, Karangasem, Buleleng dan Bangli,” terang Agus.

Selain itu, tinggi gelombang laut di selat Bali bagian selatan, selat Badung, selat Lombok dan samudera hindia diperkirakan mencapai 2 meter lebih.

Agus Wahyu Raharjo meminta kepada para nelayan dan pelaku usaha wisata bahari untuk mewaspadai gelombang tinggi, 5-7 Januari 2021.

“Untuk masyarakat yang tinggal atau berada di wilayah pesisir agar selalu memperhatikan informasi terkait cuaca ekstrem,” ucapnya. (agw)

BACA JUGA:  Perayaan Paskah di 108 Gereja di Denpasar Berjalan Aman dan Lancar