Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Menkes Tambah 100 Tempat Tidur di RSCM

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyiapkan tambahan lebih dari 100 tempat tidur di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM)Jakarta untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Tempatnya ada, tinggal ditambah jumlah tempat tidur dan ICU-nya. Ada potensi ditambah sampai 100 tempat tidur,” kata Budi saat jumpa pers virtual di sela kunjungan ke RSCM Jakarta bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Jumat (25/12/2020).

Budi mengatakan, penambahan tempat tidur akan dilakukan di ruang perawatan dan unit perawatan intensif (ICU). Yang tidak kalah penting, kata Budi, adalah penambahan perawat.

Sebab, Budi menilai jumlah dokter, alat kesehatan dan ruangan di RSCM masih mencukupi untuk penanganan Covid-19, tetapi masih kekurangan perawat.

Di sisi lain, untuk menekan penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, Budi mengimbau masyarakat yang berlibur pada masa Natal dan tahun baru untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pandemi masih terjadi di masa liburan panjang ini. Tolong dipastikan hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat,” tuturnya.

Meskipun pada masa liburan, Budi mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian, tetap di rumah, dan menjalankan kegiatan di dalam rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak.

“Itu harus terus kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Jangan sampai sesudah liburan yang indah ini, ada keluarga kita yang tertular Covid-19,” katanya.

BACA JUGA:  Tempo Siap Hadapi Laporan eks Komandan Tim Mawar ke Dewan Pers