Prihatin Kondisi Bangsa, Puluhan Umat Lintas Agama Gelar Sembahyang Bersama di Pura Dalem Solo

Sembahyang bersama oleh umat lintas agama di Pura Dalem Solo. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Paguyuban Sedulur Nusantara Dewata (PSND) menggelar sembahyang bersama di Pura Dalem Solo yang berlokasi di wilayah Banjar Aseman, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

“Sembahyang bersama diikuti sekitar 30 orang berasal dari umat lintas agama,” kata Humas PSND Haryo Bagus Sujatmiko mewakili Ketua PSND Romo Eka Wiradharma disela acara, Minggu (20/12/2020) di Badung.

Usai sembahyang bersama di tengah rintik hujan, acara dilanjutkan dengan melepas ratusan ekor burung, ikan dan kura-kura di areal pura.

Haryo Bagus menerangkan, tujuan dari sembahyang bersama dan pelepasan satwa yakni dilatarbelakangi keprihatinan atas beragam persoalan di Indonesia.

“Seperti yang terjadi di negeri kita saat ini, segala perbedaan pandangan politik dan keyakinan disikapi dengan cara-cara kasar. Sebagai putra putri ibu pertiwi, hati kami merasa teriris melihat semua ini,” tuturnya.

Tak mau berdiam diri dengan segala persoalan terang Haryo Bagus, pihaknya lantas memiliki ide untuk menggelar sembahyang yang diikuti umat lintas agama dan pelepasan satwa ke alam liar.

“Pelepasan burung sebagai simbol melepas angkara murka, kedengkian dan sebagainya. Pelepasan kura-kura sebagai simbol bahwa kita harus selalu sabar. Sementara pelepasan ikan dimaksudkan agar kelak ikan-ikan ini bermanfaat bagi ekosistem dan bermanfaat untuk manusia,” terangnya.

“Intinya sekali lagi, dengan kegiatan ini kita ingin masyarakat Indonesia kembali damai, guyup rukun, saling menyayangi satu sama lainnya, dan semoga wabah Covid-19 ini juga segera berlalu,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Raup Suara Tertinggi, Jokowi Telepon Koster Sampaikan Apresiasi atas Dukungan Masyarakat Bali