Jelang Libur Nataru, Basarnas Siagakan Personel di Pintu Masuk Bali

Apel kesiapsiagaan personel Basarnas BalI. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menyiagakan 113 personel dan akan ditempatkan di pos-pos pintu masuk Bali menjelang Hari Natal dan liburan Tahun Baru 2021.

“Pengguna transportasi darat maupun udara tentunya akan mengalami peningkatan, begitu pula pada beberapa objek wisata yang ada di Bali,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Jumat (18/12/2020) di Denpasar.

“Kondisi itu harus diantisipasi dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan penempatan personel secara mobile atau patroli,” sambungnya dalam apel kesiapsiagaan.

Pihaknya memperkirakan puncak arus masuk wisatawan yang memanfaatkan waktu liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ke Bali pada 23 Desember 2020, sementara untuk keluar Bali diperkirakan tanggal 3 Januari 2021.

“Mulai hari ini kita lakukan pengaturan baik personel maupun alat utama (alut) yang ada di wilayah kerja kami, sekaligus berkomunikasi dengan potensi SAR,” terangnya.

Di sisi lain, lantaran wilayah Bali telah memasuki musim hujan, personel Basarnas Bali juga disiagakan untuk mengantisipasi beragam bencana jika sewaktu-waktu terjadi.

“Misalnya jika terjadi bencana tanah longsor maupun banjir, mengingat meningkatnya curah hujan dan angin kencang di hampir seluruh wilayah Bali. Sehingga selain untuk mengantisipasi libur akhir tahun, personel juga siaga untuk waspada bencana,” bebernya.

Sesuai amanat Kepala Basarnas Pusat kata Darmada, personel yang siaga SAR khusus agar selalu memperhatikan ketentuan terkait Covid-19.

“Poin penting yakni posko mandiri agar memperhatikan fasilitas sesuai protokol kesehatan dan terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid -19,” tukasnya. (agw)

BACA JUGA:  Mobil Bawa 7 Orang Penumpang Jatuh ke Jurang, 1 Orang Meninggal