Antisipasi Lonjakan Penumpang, Bandara Ngurah Rai Buka Posko Nataru

Pembukaan Posko Monitoring Nataru di Bandara Ngurah Rai. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali menyiagakan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru (Nataru) guna mengantisipasi lonjakan lalu lintas udara saat libur Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Posko monitoring ini akan beroperasi selama 24 hari, yaitu dari tanggal 18 Desember 2020 hingga tanggal 10 Januari 2021,” kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali, Herry A.Y. Sikado, Kamis (17/12/2020) di Badung.

Dalam operasional posko monitoring, Bandara Ngurah Rai menyiagakan total 1.677 personel. Ini untuk memastikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pengguna jasa bandar udara selama periode libur akhir tahun ini.

Herry mengatakan, pihaknya memperkirakan puncak kedatangan penumpang akan terjadi, Jumat (25/12/2020) atau tepat di Hari Natal.

“Perkiraan jumlah kedatangan penumpang sebanyak 11.726 jiwa. Sedangkan untuk perkiraan puncak keberangkatan penumpang adalah pada Selasa (29/12/2020), di mana diperkirakan sebanyak 12.922 penumpang akan keluar dari Pulau Bali,” tuturnya.

Ditambahkan, di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini keberadaan posko monitoring dirasa akan semakin penting mengingat potensi lonjakan arus penumpang pesawat udara yang akan keluar masuk Bali dalam musim liburan akhir tahun ini.

“Dan kami mengantisipasinya dengan menyiagakan posko monitoring ini,” tuturnya.

Terkait dengan Surat Edaran Gubernur Bali No. 2021 Tahun 2020, Herry menjelaskan akan terdapat perubahan terkait persyaratan penerbangan bagi calon penumpang tujuan Bali.

“Sebelumnya calon penumpang tujuan Bali dapat memilih menggunakan surat keterangan hasil rapid test atau PCR test sebagai syarat kelengkapan perjalanan. Dengan dikeluarkannya SE Gubernur, persyaratan untuk terbang ke Bali akan mengalami perubahan,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Raup Suara Tertinggi, Jokowi Telepon Koster Sampaikan Apresiasi atas Dukungan Masyarakat Bali