18 Napi LP Kerobokan dan Lapastik Bangli Dipindah ke LP Nusakambangan dengan Pengawalan Ketat

Petugas memeriksa narapidana yang dikirim ke LP Nusakambangan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Belasan narapidana (napi) yang selama ini menjadi penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kerobokan dan Lapas Narkotika (Lapastik) Bangli dikirim ke LP Nusakambangan.

“Narapidana yang dilayar ke LP Nusakambangan sebanyak 18 orang. 15 dari LP Kerobokan dan 3 orang dari Lapastik Bangli,” terang Humas Kanwil Kemenkumham Bali Surya Dharma dalam keterangannya, Rabu (16/12/2020) di Denpasar.

Sebanyak 18 orang narapidana yang dikirim ke Lapas dengan super maximum security (SMS) ini merupakan narapidana yang tersangkut kasus narkotika. Mereka terdiri dari 15 WNI, 2 WN China dan 1 WN Amerika Serikat.

“Mereka yang dikirim dengan vonis pidana penjara di atas 5 tahun. Untuk WN China, satu orang divonis 18 tahun dan satunya lagi 20 tahun. Sementara WN Amerika divonis 8 tahun,” bebernya.

Surya Dharma menerangkan, alasan pemindahan para narapidana narkotika ke LP Nusakambangan yang berlokasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini untuk menghindari over capacity LP.

Proses pemindahan dilakukan dengan pengawalan ketat. Petugas yang mengawal terdiri dari 6 petugas dari LP Kerobokan dan 5 personel Brimob Polda Bali.

Dengan menggunakan bus milik Lapas, petugas berangkat dengan membawa 15 narapidana dari LP Kerobokan, Rabu (16/12/2020) sekitar pukul 03.00 Wita menuju Lapastik Bangli untuk menjemput 3 napi lain.

“Ini kan perjalanan lewat darat, perkiraan kami mereka tiba di LP Nusakambangan besok pagi,” kata Surya Dharma. (agw)

BACA JUGA:  Residivis Curi Handphone Pemilik Warung Kembali Diringkus Polisi