Gubernur Koster Keluarkan SE Terkait Aktivitas PPDN yang Berkunjung ke Bali Selama Liburan Nataru

Gubernur Bali I Wayan Koster.

Beritabalionline.com – Hari ini, Selasa (15/12/2020), Gubernur Bali I Wayan Koster  mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 2021 Tahun 2020 yang mengatur tentang pelaksanaan aktivitas selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

“Ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) apabila berkunjung ke Bali selama liburan Natal dan Tahun Baru,” ujar Koster saat memberi keterangan keterangan pers  di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (15/12/2020).

Selama berada di Bali, wisatawan wajib melaksanakan Protokol Kesehatan yakni, mengenakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir atau dengan hand sanitizer, membatasi interaksi fisik dan selalu menjaga jarak.

“Termasuk, tidak boleh berkerumun dan membatasi aktivitas di tempat umum dan keramaian,” terang Gubernur Koster.

SE tersebut juga mengatur tentang pesta perayaan tahun baru dan sejenisnya di dalam dan/atau di luar ruangan. Dilarang menggunakan petasan, kembang api, dan sejenisnya serta mabuk minuman keras.

Setiap orang, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum yang melanggar ketentuan (sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan angka 3) dikenakan sanksi sesuai Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Perundang-undangan lainnya.

Koster menambahkan, bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang akan masuk ke Bali lewat transportasi udara wajib menunjukkan hasil Swab negatif minimal 2×24 jam sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Bagi pengguna transportasi darat dan laut wajib menunjukkan rapid test negatif minimal 2×24 jam sebelum keberangkatan. Surat keterangan hasil uji Swab dan rapid test negatif ini berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan.

Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 tersebut berlaku mulai 18 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021. (ist)

BACA JUGA:  330 Bungkus Nasi Gratis Dibagikan Setiap Hari untuk Petugas Vaksinasi Massal di Sanur