Pantau Situasi, Kapolda Bali Datangi TPS di Denpasar dan Badung

Kapolda Bali dan rombongan memantau salah satu TPS di Denpasar. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kapolda Bali, Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra bersama Ketua Tim Supervisi Mabes Polri, Irjen Pol. Nana Sujana meninjau pelaksanaan tahap pemungutan suara Pilkada 2020 di wilayah Denpasar dan Badung.

“Kami ingin melihat apakah petugas KPPS sudah mengenakan dan menyiapkan APD kepada pemilih,” kata Kapolda, Rabu (9/12/2020) di Denpasar.

“Selain itu, juga ingin mengetahui sejauh mana peran petugas keamanan memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga tidak merasa khawatir terjangkit Covid-19 saat datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” lanjutnya.

Pilkada tahun ini kata Kapolda sangat berbeda dari tahun sebelumnya karena diselenggrakan saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, keselamatan rakyat paling diutamakan sehingga semua petugas di TPS diharapkan tetap menjaga kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan di TPS sudah sangat baik. Aturannya sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh KPPS. Proses pelaksanaan pencoblosan sudah sesuai dengan apa yang pernah disimulasikan,” terangnya.

Jenderal lulusan Akpol tahun 1989 ini memberi apresiasi kepada masyarakat Denpasar dan Badung yang sudah berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak 2020.

Menurut Kapolda, dari hasil pengecekan kepada KPPS, tingkat partisipasi masyarakat Denpasar dan Badung pada Pilkada serentak 2020 masih sangat tinggi.

“Terbukti ada TPS yang partisipasi masyarakatnya mencapai lebih dari 80 persen,” tuturnya.

Ia juga menegaskan bahwa anggota Polri yang melaksanakan tugas pegamanan TPS akan selalu menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

“Netralitas harga mati. Mari kita wujudkan Pilkada yang demokratis dan berintegritas sesuai peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Kapolda berharap pemilihan kepala daerah di 6 Kabupaten/Kota di Bali, yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Karangasem berjalan aman, damai, sejuk dan sehat. (agw)

BACA JUGA:  Dikejar Anjing, WN Inggris Jatuh ke Kubangan Sedalam 4 Meter di Pecatu