Sebelum Sabu Dikirim dari Medan, Pelaku dari Lombok Survei Lokasi ke Bali

Kedua kurir narkoba saat diamankan di Kantor BNN Bali. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Dua orang kurir narkoba bernama Zamzami (26) dan Wahyu Hidayat (22) dibekuk petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali. Dari tangan pelaku disita sabu seberat hampir 1/2 kilogram.

“Zamzani yang membawa barang dari Medan kemudian diserahkan kepada Wahyu Hidayat,” kata Kepala Bidang Pemberantasan BNN Provinsi Bali Putu Agus Arjaya, Senin (30/11/2020) di Kantor BNN Bali, Denpasar.

Sebelum barang dikirim dari Medan, Wahyu Hidayat datang ke Bali dari Lombok untuk melakukan survei lokasi pengambilan barang. Setelah menemukan penginapan, ia lalu melaporkan ke bosnya.

Bos Wahyu yang disebut berada di salah satu Lapas di Lombok kemudian menghubungi seseorang di Medan agar sabu dikirim ke Bali.

“Hasil pemeriksaan, masing-masing tersangka mengaku memperoleh upah Rp20 juta dari bosnya. Itu belum termasuk tiket dan biaya penginapan yang dijadikan tempat penyerahan sabu,” beber Kabid Berantas.

Dari pengakuan para tersangka, sabu dengan berat 449,75 gram yang disembunyikan di dalam sandal tersebut akan dikirim dan diedarkan di daerah Lombok, NTB.

Diberitakan sebelumnya, kedua pelaku dibekuk petugas di sebuah kamar hotel di seputaran Jalan Raya Tuban, Kuta, Badung ketika proses penyerahan sabu dari Medan, Selasa (24/11/2020).

Pengungkapan kasus bermula dari adanya informasi masyarakat bahwa ada pengiriman sabu dari Medan. Petugas gabungan dari BNN Bali, Bea Cukai dan Avsec Bandara Ngurah Rai melakukan penyelidikan.

Dari penyelidikan, petugas mencurigai seorang penumpang dari Bandara Kuala Namu Medan yang sempat transit di Bandara Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng.

Saat Zamzani tiba di Bandara Ngurah Rai, Selasa (24/11/2020), petugas langsung curiga lantaran saat berjalan Zamzani menunjukkan gelagat aneh.

BACA JUGA:  Kerap Dirazia, Tempat Hiburan Malam Jadi Minim Peredaran Narkoba

Pria asal Aceh ini lalu dibawa ke sebuah ruangan untuk diperiksa. Di sana petugas menemukan dua bungkus besar sabu yang disembunyikan di dalam sol sandal. (agw)