Wali Kota Rai Mantra Terima Penghargaan Dwija Praja Nugraha

Wali Kota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra mendapat penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PGRI Kota Denpasar. (FOTO : Hms/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Wali Kota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra mendapat penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PGRI Kota Denpasar. Penghargaan ini diberikan karena perhatian dan keberpihakan terhadap peningkatan kualitas guru-guru.

Penyerahan penghargaan dilakukan saat Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-75 di Gedung Serba Guna SMK PGRI 3 Denpasar, Kamis (26/11/2020).

Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua PGRI Kota Denpasar Ketut Suarya diterima langsung Wali Kota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan, Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar periode 2006-2017, Pengurus PGRI Provinsi Bali, Pengurus Yayasan Pembina Lembaga Pendidik (YPLP) Provinsi Bali, Pengurus PGRI Kota Denpasar, Pengurus YPLP Kota Denpasar, serta undangan lainnya.

Rai Mantra dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan mengatakan, masa depan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh sumber daya manusianya. Jika manusianya tangguh, bangsa itu akan unggul. Untuk menjadi manusia dan bangsa yang tangguh dan unggul, Pendidikan harus maju dan berkualitas. Pendidikan akan maju dan berkualitas jika guru-gurunya bermartabat, profesional dan sejahtera.

“Untuk memajukan pendidikan dan ciptakan lulusan berkualitas. Tentunya kita harus ciptakan guru-guru yang bermartabat, profesional dan sejahtera. Itulah yang menjadi orientasi arah pembangunan pendidikan yang kita laksanakan, mari kita sambut masa depan Pendidikan dan masa depan guru yang lebih cerah,” ujarnya, sembari mengucapkan selamat kepada para guru dan jajaran PGRI dalam peringatan HGN dan HUT PGRI ke-75.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan, menyangkut anggaran pendidikan dan anggaran yang berkenaan dengan peningkatan kesehateraan guru, Pemerintah Kota Denpasar masih konsisten mengalokasikan anggaran pendidikan 20% meskipun dewasa ini, dunia mengalami krisis keuangan dan resesi ekonomi yang tentu berdampak pada perekonomian.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Corona, Pantai Canggu Ditutup

“Kita patut bersyukur, Pemerintah Kota Denpasar tetap konsisten dalam alokasi anggaran pendidikan. Oleh karena itu, dengan anggaran tersebut mari kita gunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan atau kapabilitas dan profesional dari para guru,” ujarnya.

Sementara Ketua PGRI Kota Denpasar, Drs. Ketut Suarya, M.Pd. mengatakan, di hari peringatan HGN dan HUT PGRI, berharap guru semakin bermartabat dan sejahtera. Pihaknya juga berpesan kepada para guru pada masa pandemic dewasa ini terus meningkatkan diri.

“Masa pandemi ini merupakan tantangan bagi kami, mari kita terus belajar dan belajar untuk peningkatan diri sehingga dapat menyusaikan serta tetap memberikan Pendidikan yang berkualitas untuk para pelajar,” ujarnya.

Selain itu Suarya menyambut baik perhatian Walikota Denpasar yang tak pernah surut memajukan pendidikan, khususnya dalam penyediaan anggaran pendidikan. PGRI Kota Denpasar akan selalu berusaha meningkatkan profesionalisme guru sehingga menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik. (hum)