Kontingen Bali Raih Juara Harapan di Ajang MTQ Tingkat Nasional

Kontingen Bali tampi dalam ajang MTQ Nasional ke 28 di Kota Padang, Sumatera Barat. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kontingen Provinsi Bali menuai prestasi dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, 12-21 November 2020.

Ini setelah tiga kalifah (peserta) andalan Provinsi Bali yaitu Kahilatul Hilwah, M. Yusril Shobid Qolbi, dan Hafiz Darius Shina mampu menyumbang hasil maksimal.

“Alhamdulillah Bali mendapat juara meski juara harapan. Ini kenapa, event ini tingkat nasional dan tentunya masing-masing provinsi berupaya untuk menjadi yang terbaik,” kata Sekretaris LPTQ Bali H Mahmudi, S.Ag, MA., saat dikonfirmasi, Minggu (22/11/2020).

Dijelaskan, Kahilatul Hilwah yang ikut di lomba Tartil Putri meraih juara harapan 1, M. Yusriz Shobid Qolbi dalam lomba 5 Juz Tilawah Putra meraih juara harapan 3, dan Hafiz Darius Shina di lomba hafalan 20 jus meraih juara harapan 3.

Prestasi ini dikatakan lebih baik dikarenakan pada ajang MTQ ke 27 tahun 2018 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, kontingen Bali tidak memperoleh juara apapun.

“Ini tentunya peningkatan yang luar biasa, pada MTQ di Medan, juara harapan pun kita tidak dapat,” tuturnya.

Keberhasilan ini menurutnya tak lepas dari upaya pembinaan secara ketat yang dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Bali dan Kementerian Agama Provinsi Bali.

Di sisi lain, pihaknya juga menyinggung peran Pemerintah Daerah di Bali yang seolah enggan untuk turut campur dalam melakukan pembinaan terhadap peserta MTQ.

“Berbeda dengan provinsi lain yang mendukung penuh pembinaan peserta MTQ terutama dalam anggaran. Kalau di Bali, kita lakukan secara swadaya tanpa ada perhatian dari pemerintah daerah, padahal ini kegiatan ini juga untuk mengharumkan nama Bali,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Menag Fachrul Razi Janji akan Revisi Ajaran Sampradaya di Buku Agama Hindu