Desa Tusan Klungkung Kelola Sampah Mandiri

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau TPS 3R Trepti Bhuana Santhi Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan.(foto: ist)
Beritabalionline.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengapresiasi semangat perangkat Desa Tusan dan pegawai di TPS 3R dalam memerangi sampah hasil produksi rumah tangga di Desa Tusan, Klungkung Bali.
Apresiasi itu disampaikannya saat meninjau TPS 3R Trepti Bhuana Santhi Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kamis (19/11/020).
Dalam kesempatan itu Bupati didampingi oleh Camat Banjarangkan, I Dewa Komang Aswin.
“Saya minta perbekel dan jajarannya harus berani masuk melakukan edukasi kepada masyarakat Desa Tusan tentang pentingnya memilah sampah dari sumbernya dan sanksi terkait hal tersebut,” ujar Bupati Suwirta.
Dalam kesempatan itu juga Bupati Klungkung mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Ia mengatakan bahwa masyarakat jangan hanya bisa menyalahkan dan protes.
Sementara itu Camat Banjarangkan menyarankan juga bagi yang mempunyai halaman cukup luas agar bisa membuat Bang Daus yang berfungsi sebagai pengolah sampah organik.
“Bupati Suwirta mengharapkan agar masyarakat sadar bahwa masalah sampah bukan permasalahan pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun pusat saja tetapi masalah kita semua, mari sadar akan kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (tim)
BACA JUGA:  Tuding DPR Tak Peka Kondisi Masyarakat, Mahasiswa di Bali Kembali Turun ke Jalan Tolak UU Cipta Kerja