Tak Kenal Medan, 5 Pelajar Tersesat saat Mendaki Gunung Batukaru

Tim SAR gabungan temukan pelajar yang tersesat saat mendaki Gunung Batukaru. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Sekelompok remaja berjumlah 5 orang dikabarkan tersesat ketika melakukan pendakian di Gunung Batukaru, Kabupaten Tabanan. Belakangan diketahui ke 5 remaja tersebut masih berstatus pelajar.

“Mereka tersesat setelah melakukan perjalanan sekitar kurang lebih dua setengah jam,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Sabtu (14/11/2020) di Denpasar.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) terang Darmada menerima laporan, Kamis (13/11/2020) sekitar pukul 22.30 Wita, sementara ke 5 pelajar mulai mendaki sekitar pukul 19.00 Wita.

Data diperoleh ke 5 pelajar tersebut bernama I Wayan Bagus Suarnatha (18), Wahyu (18), Ngurah (18), Rapta (17) dan Ferdi (19).

“Laporan yang kami terima dari salah seorang target, perkiraan posisi pencarian yakni 800 meter dari Pura Malen,” tutur Darmada.

Proses pencarian dilakukan bersama Sabhara Polsek Pupuan, Pecalang Desa Pujungan serta Bendesa Pujungan. Sabtu (14/11/2020) sekitar pukul 01.10 Wita, ke 5 pelajar tersebut dapat ditemukan dalam keadaan selamat.

Kepada petugas, para pelajar ini mengaku tidak mengenal jalur pendakian dan tidak membawa alat penerang sehingga akhirnya tersesat.

“Kami lalu berikan pengarahan sebelum mereka diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing,” jelasnya.

Agar tidak terulang lagi kejadian tersebut, Darmada mengimbau kepada kelompok yang akan melakukan pendakian di gunung untuk memperhatikan kelengkapan perbekalan.

Di antaranya obat-obatan, peralatan-peralatan pendukung lainnya seperti senter, jas hujan, tenda darurat, di samping itu juga mempersiapkan fisik, terlebih pada musim penghujan.

“Bagi pemula yang belum mengenal jalur dan medan pendakian, sebaiknya membawa pemandu lokal ketika hendak melakukan pendakian, cara ini akan lebih aman sehingga tidak menyulitkan orang lain,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Calon Jemaah Haji Tertua dari Bali Berusia 94 Tahun