Praktisi Hukum Apresiasi Polisi Tak Lakukan Tilang saat Operasi Zebra

Personel Satlantas Polresta Denpasar saat Operasi Zebra Lempuyang 2020. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Satuan Lalu Lintas Polresta Denpasar menggelar Operasi Zebra Lempuyang dari 26 Oktober hingga 8 November 2020. Yang menarik selama operasi, polisi tidak melakukan tindakan tilang kepada pelanggar lalu lintas.

“Sesuai perintah Bapak Kapolri, bila ditemukan ada pelanggaran lalu lintas diberi teguran simpatik secara lisan,” kata Kasatlantas Polresta Denpasar AKP Taufan Rizaldi saat dikonfirmasi, Rabu (4/11/2020).

Upaya polisi lebih mengedepankan tindakan teguran kepada para pelanggar mendapat apresiasi dari praktisi hukum di Denpasar, Charlie Usfunan.

“Ini merupakan hal yang positif terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di mana sebagian besar masyarakat mengalami kesulitan ekonomi,” ucapnya.

Menurutnya, tindakan teguran oleh petugas kepolisian sudah cukup untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara.

Namun demikian, Charlie meminta kepada masyarakat selain untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas, juga menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Semoga dengan adanya operasi zebra, masyarakat semakin tertib berlalu lintas dan tidak lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk diketahui, selama menggelar Operasi Zebra Lempuyang 2020, Satlantas Polresta Denpasar lebih mengedepankan edukasi dan imbauan kepada pengguna jalan.

Tidak hanya itu, petugas kepolisian juga membagikan ratusan lembar masker, brosur, stiker dan pamflet tentang keselamatan berkendara saat menggelar operasi. (agw)

BACA JUGA:  Dampak Covid-19, Pelangi Tabanan Kite Festival III Ditiadakan