Bupati Suwirta Sodorkan Proposal Penanganan dan Pengembangan Destinasi ke Deputi Kemenparekraf

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan proposal kepada Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkar.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan sebuah proposal kepada Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkar di Nusa Penida, Kamis (29/10/20).

Proposal terkait usulan penanganan dan pengembangan destinasi pariwisata itu diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat sehingga Nusa Penida sebagai titik ungkit Kabupaten Klungkung bisa dibangun dan Klungkung bisa menjadi kabupaten yang mandiri.

Di hadapan deputi, Suwirta juga memaparkan bahwa sebelum pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan ke Nusa Penida lebih dari 10 ribu orang per hari. Hal tersebut dianggap anugerah dari sebuah proses dan dukungan masyarakat serta alam yang luar biasa. Bupati juga menceritakan soal promosi pariwisata yang dilakukan melalui event, seperti festival dan lainnya.
“Harapan kami setelah bapak deputi dan bapak direktur datang ke sini, ada tindaklanjut yang perlu ditangani, dan kami akan terus berkoordinasi,” ujar Suwirta.

Suwirta juga berharap Nusa Penida dengan potensi dan beragam statusnya ini bisa dikunjungi menteri bahkan presiden sehingga dengan melihat potensi yang ada, Nusa Penida sebagai titik ungkit peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Klungkung, bisa dibangun dengan menyalurkan dana pusat.

Sementara itu, Hari Santosa mengatakan, ada atraksi yang menarik, ada kekayaan alam, budaya dan buatan manusia. Alam yang menarik merupakan magnet bagi segmen pasar tertentu. Bagi yang mencari pengalaman, ada jalan naik turun, pantai dan dasar pantai. “Ini yang saya sebut sapta pesona. Ada satu yang saya sebut, yakni kenangan yang akan membuat turis kembali lagi,” ujar Hari Santosa didampingi Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Wawan Gunawan.

BACA JUGA:  Kejari Gianyar Pastikan Penggunaan Dana Covid-19 Sesuai Aturan

Hari Santosa mengaku akan menyampaikan di pusat, bahwa Nusa Penida sangat potensial. Anggaran untuk infrastruktur bisa dipercepat, karena ketika situasi sudah normal, semua sudah siap, baik jalan, air dan listrik. Pihaknya pun yakin Nusa Penida menjadi suatu destinasi yang didatangi wisatawan sehingga memberi manfaat ekonomi dan kesejahteraan untuk Klungkung dan Nusa Penida. “Saya percaya kepada bapak bupati, OPD dan masyarakat yang sudah satu visi membangun pariwisata. Itulah modal utama. Semoga pemerintah pusat bisa berkolaborasi dan ikut mempromosikan pariwisata Nusa Penida,” terangnya.(tim)