Libur Panjang, Penjagaan di Pelabuhan Gilimanuk Diperketat

Personel TNI yang melakukan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kodim 1617/Jembrana bersama jajaran TNI lainnya diterjunkan untuk memperketat penjagaan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana yang menjadi salah satu pintu masuk Pulau Bali.

“Pengetatan penjagaan dilakukan serangkaian libur panjang hingga beberapa hari kedepan,” terang Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna di Jembrana saat pengecekan kesiapan Satgas TNI di Pos Pintu Masuk Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (28/10/2020) malam.

Dandim meminta kepada Satgas TNI yang terlibat dalam pengamanan melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab. Selain itu, personel di lapangan agar selalu mengedepankan sikap humanis.

Ditambahkan Dandim, setiap penumpang yang tiba di Pelabuhan Gilimanuk agar diminta untuk menunjukkan surat keterangan sehat berupa hasil rapid test sebagai salah satu kelengkapan dokumen perjalanan dari luar daerah.

Jika tidak punya, penumpang tersebut diwajibkan melaksanakan rapid test. Namun jika masyarakat tersebut enggan melakukan rapid, Dandim meminta agar personel TNI menyampaikan dengan cara humanis.

“Bila hal tersebut sudah dilakukan oleh masing-masing personel yang terlibat penebalan di pintu masuk Bali, namun masyarakat tetap tidak mengindahkan, serahkan ke pihak kepolisian sebagai leading sektor wilayah hukum yang menangani,” kata Letkol Hasrifuddin.

Dandim juga berpesan agar personel TNI yang melakukan pengamanan untuk tidak mencari keuntungan pribadi dengan meloloskan penumpang yang tidak dilengkapi surat keterangan rapid test yang akan masuk ke Bali.

“Karena hal ini akan merusak citra TNI di mata masyarakat. Jadi jangan meloloskan penumpukan yang tidak dilengkapi surat rapid test,” tegasnya.

Personel TNI yang dikerahkan melakukan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk saat libur panjang di antaranya personel Kodim 1617/Jembrana, Yonif Mekanis 741/GN, Subdenpom IX/3-2 Negara, serta Personel dari Pos AL Pelabuhan Gilimanuk. (agw)

BACA JUGA:  11 Polda Bantu Pengamanan Delegasi Pertemuan IMF-WB di Bali