Jelang Libur Panjang, Basarnas Siagakan Personel di Pintu Masuk Bali dan Objek Wisata

Personel Basarnas Bali melakukan pengawasan di area Pelabuhan Gilimanuk. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Personel Basarnas Bali disiagakan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana dan Pelabuhan Padangbai, Karangasem menjelang cuti bersama serta serangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Selain Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai yang merupakan pintu masuk Bali, personel juga disiagakan di tempat-tempat wisata,” terang Kepala Basarnas Bali Gede Darmada, Selasa (27/10/2020) di Denpasar.

Siaga SAR khusus mulai hari ini, Selasa (27/10/2020) sampai dengan, Senin (2/11/2020). Selain itu posko mandiri juga didirikan di masing-masing Pos SAR seperti di Jembrana, Buleleng dan Karangasem.

“Sementara untuk obyek wisata dilakukan pemantauan secara mobile dan juga melalui udara,” ucapnya.

Dijelaskan Darmada, siaga personel guna mengantisipasi peningkatan angka wisatawan yang diprediksi akan menikmati waktu libur panjangnya di beberapa objek wisata.

“Kesiapsiagaan ini dilakukan serentak oleh beberapa instansi terkait termasuk Basarnas yang dalam hal ini mengambil tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dalam bidang pencarian dan pertolongan,” tuturnya.

Ditambahkan pula, hal ini sesuai dengan arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsdya TNI Bagus Puruhito, Basarnas Bali yang telah membuat rencana pergerakan selama 6 hari ke depan terhitung mulai hari ini.

“Sampai dengan siang ini situasi masih terpantau normal dan belum ada angka yang signifikan lonjakan wisatawan ataupun arus warga lokal yang pulang kampung,” kata Darmada. (agw)

BACA JUGA:  DPRD Tabanan Tetapkan Komposisi Baru Pimpinan Fraksi PDI-P dan AKD