Ditemukan dalam Kondisi Lemas, Pendaki Gunung Agung Dievakuasi Tim SAR Gabungan

Tim SAR gabungan evakuasi pendaki Gunung Agung yang kelelahan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Petugas SAR gabungan mengevakuasi seorang pendaki bernama AA Ngurah Anom yang kelelahan saat menuruni Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

“Pendaki tersebut ditemukan selamat namun dalam kondisi lemas karena kelelahan,” terang Kepala Basarnas Bali Gede Darmada, Rabu (21/10/2020) di Denpasar.

Sebelumnya, korban yang merupakan warga Jalan Gunung Lawu, Denpasar ini memulai pendakian dari Pura Kiduling Kreteg, Desa Besakih, Karangasem, Senin (19/10/2020) sekitar pukul 07.20 Wita.

Ngurah Anom juga sempat memberitahu keluarganya jika ia telah tiba di puncak Gunung Agung, Selasa (20/10/2020) pukul 01.00 Wita.

Namun saat hendak turun gunung, Rabu (21/10/2020) siang ia mengaku kelelahan. Keluarganya lalu melaporkan kondisi korban ke BPBD yang kemudian diteruskan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali).

Sebanyak 9 personel Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem yang tiba di Gunung Agung langsung berkoordinasi dengan aparat setempat dan unsur SAR lainnya sebelum naik melakukan pencarian.

Menjelang sore, pendaki yang kelelahan ini akhirnya ditemukan dengan jarak sekitar 1,7 kilometer dari basecamp.

Dengan kejadian tersebut, Darmada mengimbau kepada masyarakat agar memahami prosedur pendakian di gunung sehingga tidak membahayakan keselamatan diri.

Ia menegaskan jika hendak mendaki gunung setidaknya dilakukan bersama-sama dan bukan perorangan, serta bekal yang cukup dan kelengkapan medis.

“Harus ada teman serta membawa minum cukup, makanan cadangan, juga kelengkapan medis, di mana baju yang dipakai mampu melindungi tubuh dari udara dingin,” kata Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Basarnas Terjunkan 2 Penyelam Profesional Cari Pemancing yang Hilang di Perairan Benoa