Hari Ini, Kasus Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Melonjak

I Dewa Gede Rai.

Beritabalionline.com – Pasien sembuh Covid-19 di Kota Denpasar terus mengalami penambahan yang signifikan, tercatat penambahan kasus sembuh sebanyak 56 orang, Senin (12/10/2020). Penambahan ini secara otomatis meningkatkan persentase kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar menjadi 90,46 persen.

Namun demikian, kasus positif Covid-19 diketahui bertambah sebanyak 37 orang yang tersebar di 13 wilayah desa/kelurahan dan 1 pasien Covid-19 dinyatakan meninggal dunia.

“Kembali kasus sembuh melampaui kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar, hari ini kasus sembuh bertambah 56 orang dan kasus positif Covid-19 bertambah 37 orang. Namun ada kabar duka, 1 pasien dinyatakan meninggal dunia. Kami tetap mengajak seluruh masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat kasus covid 19 masih terjadi penularan kembali,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Dewa Rai merinci bahwa 13 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif yakni Kelurahan Pedungan yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 8 kasus positif baru. Disusul Kelurahan Sesetan dan Kelurahan Panjer yang mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 5 orang. Desa Padangsambian Kaja mencatatkan penambahan kasus sebanyak 4 orang.

Selain itu, Kelurahan Pemecutan turut mencatatkan penambahan kasus sebanyak 3 orang. Dan Desa Peguyangan Kangin, Kelurahan Padangsambian, Desa Sidakarya dan Desa Tegal Kertha mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 2 orang. Sementara itu 4 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang. Sedangkan, sebanyak 31 desa/kelurahan tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.

Sedangkan untuk pasien Covid-19 meninggal dunia merupakan seorang laki-laki usia 48 tahun dan berdomisili di Desa Sanur Kauh. Pasien dinyatakan positif Covid-19 pada 5 Oktober 2020 dan dinyatakan meninggal dunia pada 11 Oktober 2020 dengan penyakit penyerta atau komorbid Diabetes Militus dan Hipertensi.

BACA JUGA:  Semprotkan Disinfektan, Polresta Denpasar Sasar Obyek-obyek Vital

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan Protokol Kesehatan.

Dengan demikian, secara kumulatif perkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar diantaranya kasus positif tercatat sebanyak 2.829 kasus, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 2.559 orang  (90,46 persen), meninggal dunia sebanyak 62 orang (2,19 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak  208 orang (7,35 persen).

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan bahwa  peningkatan penularan Covid-19 di Kota Denpasar didominasi pada klaster keluarga. Sehingga, pihaknya selalu mengimbau masyarakat khususnya di Kota Denpasar untuk lebih waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan mulai dari cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. (hms)