Satgas TMMD Kodim Badung Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Paham Radikalisme

Sosialisasi dan penyuluhan paham radikalisme kepada warga masyarakat Banjar Kesambi oleh Satgas TMMD Kodim Badung. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Berbagai aksi teroris dan radikalisme di Indonesia perlu diwaspadai. Pencegahan tidak saja dapat dilakukan oleh aparat keamanan namun juga peran serta dari seluruh lapisan masyarakat.

“Upaya mencegah dan memerangi radikalisme tidak hanya menjadi tanggungjawab TNI dan Polri, tapi juga semua elemen masyarakat,” terang Danramil 1611-06/Petang Kapten Inf I Wayan Suara di Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kamis (08/10/2020) malam.

“Sinergi semua pihak dalam menciptakan kondusifitas keamanan di wilayah adalah tugas kita bersama,” lanjutnya dalam sosialisasi dan penyuluhan terkait paham radikalisme kepada warga masyarakat Banjar Kesambi.

Dikatakan, radikalisme merupakan tindakan yang sangat bertentangan dengan hukum dan tata kenegaraan yang berdasarkan Pancasila, UUD Negara RI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pihaknya lantas berpesan apabila ada orang baru yang tidak dikenal dengan melakukan hal-hal mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak berwajib baik TNI maupun kepolisian, atau Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Ini sebagai upaya antisipasi sekaligus mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas mantan Pasiter Kodim 1611/Badung ini.

Sosialisasi dan penyuluhan terkait paham radikalisme kepada warga masyarakat merupakan bagian program non fisik pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Kodim 1611/Badung.

Tujuan utama dari penyuluhan dan sosialisasi ini yaitu memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya melakukan pencegahan masuknya paham radikalisme di kehidupan masyarakat sedini mungkin.

Kepala Dusun Banjar Kesambi Kadek Kanda menyatakan sangat dukungan dengan adanya sosialisasi paham radikalisme kepada masyarakat Banjar Kesambi.

Kadek Kanda berharap hasil dari sosialisasi bisa membuat warga masyarakat Banjar Kesambi paham yang nantinya bisa membagi pengetahuan dan informasi yang didapatkan kepada keluarga dan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Wabup Sanjaya Harapkan Gapensi Hasilkan Produk Infrastruktur yang Andal

“Tentunya sangat penting dan bermanfaat untuk kita simak bersama. Di samping itu manfaat dari sosialisasi paham radikalisme ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahaya paham radikalisme di lingkungan masyarakat,” ucapnya. (agw)