Musim Hujan, BPBD Gianyar Evakuasi Dua Lokasi Bencana

Petugas BPBD Kabupaten Gianyar sedang mengevakuasi pohon tumbang. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Akibat hujan disertai angin kencang yang terjadi di Gianyar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar mengerahkan lima anggota masing – masing untuk melakukan evakuasi yaitu di wilayah Desa Buahan, Kecamatan Payangan dan di Desa Tampaksiring.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Gianyar, Ngakan Dharma Jati, Rabu (7/10), menjelaskan, akibat hujan disertai angin yang terjadi selama dua hari itu menyebabkan beberapa bencana di wilayah Gianyar bagian atas. “Ada dua kejadian, yaitu di wilayah Desa Buahan, Kecamatan Payangan dan di Desa Tampaksiring ” jelasnya.

Di masing-masing lokasi kejadian, pihaknya menerjunkan lima anggota untuk melakukan evakuasi. Selain petugas BPBD, lanjutnya, juga berkoordinasi dengan petugas PLN lantaran ada  kabel listrik yang tertimpa pohon.

“Kami menerjunkan anggota  sambil membawa alat manual (cangkul) untuk tanah longsor. Sementara pohon tumbang evakuasi menggunakan gergaji mesin dan koordinasi dengan PLN,” paparnya.

Dikatakannya, di Desa Sumita, Gianyar, teejadi tanah longsor yang menimpa saluran irigasi subak,  mengakibatkan terjadi penyumbatan saluran irigasi persawahan. Selanjutnya BPBD Gianyar juga mengambil tindakan langsung melakukan penormalan saluran irigasi yang ditutupi oleh timbunan tanah longsor tersebut.

Pihaknya mengimbau untuk sementara agar warga atau pemilik lahan untuk tidak mendekat lokasi tanah longsor,  guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (yes)

BACA JUGA:  Lomba Vokal Grup, PN Denpasar Liburkan Sidang Pidana, Pengunjung Gigit Jari