Dua Nelayan Asal Kelan yang Dilaporkan Hilang saat Melaut Ditemukan Selamat

Kedua nelayan yang sebelumnya dilaporkan hilang saat melaut. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Sempat dilaporkan hilang saat melaut di Perairan Pantai Kelan, Badung, dua orang nelayan bernama Hery Widodo (38) dan Diky (21) akhirnya ditemukan dengan selamat.

“Keduanya sandar di Muncar, Banyuwangi dalam keadaan selamat. Hal ini berdasarkan laporan Ririn, istri salah satu nelayan yang melaporkan langsung bahwa suaminya dalam kondisi baik,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, Selasa (6/10/2020) petang.

Kedua nelayan asal Lingkungan Kelan Abian, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung ini juga menceritakan kronologi yang menimpa.

Awalnya sampan yang dipakai mencari ikan sempat nyaris kehabisan bahan bakar dan terombang-ambing di tengah laut. Beruntung ada nelayan yang melintas dan memberikan bantuan bahan bakar.

“Karena kondisi cuaca kurang baik mereka memutuskan sandar di tempat yang terdekat dan aman,” jelas Darmada.

Dijelaskan pula, saat melakukan pencarian, Selasa (6/10/2020) tim SAR gabungan mengerahkan RIB (Rigid Inflatable Boat), rubber boat dan juga 2 jukung kelompok nelayan Kelan.

“Selain kami mengerahkan RIB, pencarian melalui udara juga dilakukan dengan menggunakan heli BO 105 yang melakukan penyisiran udara di seputaran perairan Tanah Lot,” tutur Darmada.

Selain Basarnas Bali, Lanal Denpasar, Ditpolair Polda Bali, SAR Samapta Polda Bali, Pos AL Badung, Pos Polair Kedonganan, SAI Rescue, Senkom, SAR Relindo, kelompok nelayan dan pihak keluarga juga turut terlibat dalam proses pencarian.

Diberitakan sebelumnya, 2 orang nelayan dilaporkan hilang saat berangkat melaut dari perairan Kelan menuju Selat Badung dengan menggunakan jukung, Minggu (4/10/2020).

Lantaran belum kembali ke rumah, pihak keluarga kemudian melapork ke Basarnas Bali pada Senin malam. (agw)

BACA JUGA:  Bali Aman Dikunjungi Pascagempa