Overstay, Bule Rusia Dideportasi dan Masuk Dalam Daftar Tangkal

Warga Negara Asing asal Rusia (pakai topi merah) sebelum dideportasi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Pihak Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar mendeportasi seorang pria asing warga negara Rusia bernama Anton Nevskii (41) atas kasus melanggar keimigrasian.

“Warga asing tersebut dikenai tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dikarenakan telah Overstay lebih dari 60 hari dan masih berada di wilayah Indonesia,” terang Kepala Sub Bagian Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Bali I Putu Surya Dharma, Rabu (30/9/2020) di Denpasar.

Selain dideportasi, bule yang dinyatakan melanggar Pasal 78 ayat 3 UU RI No. 6/2011 Tentang Keimigrasian ini dimasukan ke dalam daftar penangkalan.

Dari data yang ada kata Surya Dharma, pemilik paspor dengan nomor 725422534 ini datang ke Indonesia pada 24 Maret 2018 silam. Ia lalu ditangkap petugas Imigrasi dan ditahan di Rudenim Denpasar sejak 24 September 2020.

“Saat itu pendeportasian dari wilayah Indonesia belum dapat dilaksanakan mengingat yang bersangkutan belum memiliki tiket kembali ke negara asalnya,” jelasnya.

Untuk proses pendeportasian, bule tersebut dibawa terlebih dulu ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Jakarta, Selasa (29/9/2020) malam.

Dari Bandara Soetta, ia kemudian diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Turkish Airlines TK 0057. (agw)

BACA JUGA:  30 Persen Mahasiswa di Indonesia Terkontaminasi Paham Radikalisme