Bupati Suwirta Dorong UKM Kolaborasi Pasarkan Produk Lokal Hingga Keluar Negeri

Bupati Suwirta bersama Kadis Koperasi UKM Nyoman Ardiasa menerima audiensi dari CV. Natural Bali Ku Kul.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Nyoman Ardiasa menerima audiensi dari CV Natural Bali Ku Kul di ruang kerjanya, Rabu (30/9/2020).

Direktur CV Natural Bali Kul Kul, Ni Putu Ayu Wilasmini yang didampingi suaminya mengatakan maksud dari kehadirannya adalah untuk memperkenalkan sejumlah produk yang sudah dihasilkan dari usahanya yang sudah berjalan sejak tahun 2018. Beberapa produk itu diantaranya garam, coklat, snacking, bath salt dan beberapa turunan produk organik yang akan diluncurkan pada tahun 2021 mendatang.

CV Natural Bali Kul Kul merupakan perusahaan lokal yang beralamat di Dusun Kangin Desa Jumpai, Kecamatan klungkung. Mulai beroperasi sejak tahun 2018 dengan produk utama adalah garam. Ni Putu Ayu Wilasmini mengatakan keinginannya untuk memperkenalkan garam Klungkung dan Bali untuk bisa bersaing di pasar internasional. Karena berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan garam Klungkung dan Bali merupakan garam dengan kandungan mineral yang tinggi.

Setelah dua tahun berjalan dan izin yang sudah dikantonginya, CV Natural Bali Kul Kul kini sudah mampu memasarkan garam ke luar Bali dan luar negeri. Menurutnya saat ini potensi garam klungkung dan Bali untuk dipasarkan keluar negeri cukup tinggi karena permintaan pasar.

Namun karena keterbatasan produksi, dirinya mengaku belum bisa memenuhi permintaan pasar tersebut. Sebagai salah satu UKM di Kabupaten Klungkung, pihaknya berharap kedepan usahanya akan mendapat dukungan serta bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung yang saat ini tengah gencar mengembangkan garam tradisional Kusamba.

Sementara itu hal senada juga disampaikan Bupati Suwirta. Dirinya berharap CV Natural Bali Ku Kul yang sudah memiliki pengalaman dan jaringan dalam pemasaran, bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah bekerjasama memasarkan produk-produk UKM Klungkung.

BACA JUGA:  Ada Orang Mengatasnamakan Giri Prasta, Jangan Dipercaya!

Salah satunya adalah Garam Beryodium Kusamba yang baru saja diluncurkan Pemkab Klungkung. Menurutnya Pemkab Klungkung telah berkomitmen akan senantiasa mendorong, membina, melindungi dan memfasilitasi agar para pelaku UKM supaya terus berjalan, apalagi di tengah pandemi ini. (tim)