Tiga Prajurit Kodam Udayana Meninggal Terpapar Covid, Pangdam: Mereka Miliki Penyakit Penyerta

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara disela donor plasma konvalesen. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengungkap dari bulan Maret hingga September 2020 sebanyak 109 anggota Kodam IX/Udayana dan jajaran terpapar Covid-19.

“Dari 109 personel yang dinyatakan positif, tiga meninggal dunia,” ucap Pangdam menjawab pertanyaan usai kegiatan donor plasma konvalesen di Makorem 163/Wira Satya, Selasa (29/9/2020).

Ketiga personel Kodam Udayana yang meninggal dikatakan sebelumnya telah memiliki penyakit penyerta seperti diabetes dan dan hipertensi.

Dijelaskan oleh Pangdam, sebagian besar dari personel Kodam yang terpapar virus Corona telah sembuh, dan sebagian lagi masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Donor plasma konvalesen merupakan kegiatan donor kedua yang digelar Kodam IX/Udayana. Kali ini donor dalam rangka HUT ke-75 TNI diikuti 37 orang pendonor yang telah sembuh dari Covid-19.

Menurut Pangdam, untuk pendonor awalnya yang telah daftar sebanyak 109 orang. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, tidak semua dapat mengikuti donor plasma.

“Plasma ini sangat dibutuhkan oleh pasien dalam kondisi berat. Oleh karena itu, mereka yang telah sembuh diminta untuk mendonorkan plasmanya guna membantu pasien lain,” ucap Pangdam. (agw)

 

BACA JUGA:  Update, Kasus Sembuh dan Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah 20 Orang