KPU Badung Tetapkan Satu Paslon di Pilkada 2020, Paket GiriAsa Lawan Kotak Kosong

KPU Badung saat menggelar rapat terkait teknis pengundian tata letak Pasangan Calon. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Badung di pastikan akan berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung hanya menetapkan satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Itu artinya pasangan calon yang terdaftar akan melawan kotak kosong pada perhelatan demokrasi lima tahunan di Kabupaten Badung yang digelar pada 9 Desember tahun 2020 mendatang.

Sesuai Keputusan KPU Badung Nomor 1677/PL.02.3-Kpt/5103/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan pasangan calon yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020 yakni Pasangan Calon Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung dari Paket Nyoman Giri Prasta, S.Sos dan Drs. I Ketut Suiasa, SH.

Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta mengatakan, jika di Badung ditetapkan dengan satu pasangan calon. Hal ini dikarenakan, sampai dengan akhir masa pendaftaran belum ada bakal pasangan calon Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung lainnya yang mendaftar.

“Sampai waktu habis selama masa pendaftaran dan juga masa perpanjangan pendaftaran ke KPU Badung tidak ada lagi yang mendaftar.

Selain itu, paket pasangan GiriAsa juga ditetapkan dan telah memenuhi syarat sebagai Pasangan Calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/9/2020) malam.

Dengan demikian, pihaknya kembali mempertegas jika KPU Badung telah menetapkan satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Badung dari paket Nyoman Giri Prasta dan Ketut Suiasa.

Tahap selanjutnya, Pria yang akrab di sapa Kayun itu mengatakan pada Kamis (  24/9 2020) besok  akan dilanjutkan dengan pengundian tata letak posisi pasangan calon.

“Pada pengundian ini, dimana  akan berpengaruh pada penempatan foto pasangan calon dalam surat suara nantinya,” katanya.

Dengan telah ditetapkannya Satu Pasangan Calon yang Sah sebagai Peserta Pilkada Badung, maka nantinya dalam desain Surat Suara akan  ada dua kolom, yakni satu kolom berisi foto pasangan calon dan satunya hanya kolom kosong. (itn)

 

BACA JUGA:  Jelang Purna Tugas, Gubernur Pastika Beri Penghargaan kepada 6 Tokoh Bali