Meriahkan TMMD Ke-109, Kodim Gelar Lomba Karya Jurnalistik

Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kodim 1611/Badung menggelar TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 109 tahun 2020. Kegiatan tahunan ini akan berlangsung di Desa Budaya Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur.

“Adapun yang mendasari kegiatan TMMD digelar di sana, hal itu dikarenakan atas permohonan dari Desa Kertalangu sendiri,” terang Pasiter Kodim 1611/Badung, Mayor Inf Made Mustika, Jumat (18/9/2020) di Makodim Badung.

Dalam TMMD yang akan berlangsung selama satu bulan dari tanggal 22 -21 Oktober 2020 ini digelar beberapa kegiatan.

Seperti membuat senderan sepanjang 700 meter, rabat jalan usaha tani dari Pura Dalem hingga Desa Budaya Kertalangu sepanjang 350 meter, pembuatan jembatan yang menghubungkan jalan besar dengan jalan tani, hingga bedah rumah di Banjar Kertalangu.

“Selain kegiatan fisik, TMMD juga menyasar kegiatan nonfisik seperti bela negara, wawasan kebangsaan (wasbang), hingga gerakan anti narkoba dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya,” jelasnya.

Ditambahkan pula, lantaran pandemi Covid-19, personel yang diterjunkan dalam TMMD tidak ditempatkan di rumah-rumah penduduk seperti pelaksanaan TMMD tahun-tahun sebelumnya.

“Para pasukan akan dipusatkan di Gong Perdamaian tidak di rumah penduduk. Ini untuk menghindari jangan sampai kegiatan ini malah menjadi kluster baru,” bebernya.

Untuk lebih memeriahkan pelaksanaan dengan tema ‘TMMD Pengabdian untuk Negeri’ tersebut juga akan digelar lomba karya jurnalistik ini. Pesertanya yakni wartawan cetak, online, dan elektronik (televisi).

Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia menyatakan lomba karya jurnalistik ini sebagai bentuk apresiasi TNI terhadap partisipasi media.

“Kami berprinsip bahwa sesuatu yang berjalan baik harus terus dilaksanakan. Jadi selama perjalanan TMMD di Kodam IX/Udayana selalu mendapatkan juara, kendatipun tidak selalu juara. Ini menandakan rekan-rekan media di wilayah Kodam IX/Udayana sangat baik dalam menyampaikan penulisan,” ucapnya. (agw)

BACA JUGA:  Gubernur Koster: Gerakan Mahasiswa Harus Sesuai Zaman