Bupati Suwirta Akan Budidayakan Kerapu dan Udang

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau kawasan mangrove di Dusun Ceningan, Desa Lembongan. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyempatkan diri meninjau mangrove di wilayah Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Suwirta mengatakan bakal mengembangkan budidaya ikan kerapu, kepiting dan udang di sana.

Nantinya, hasil budidaya tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan seafood hotel dan restoran di Nusa Penida. Mengingat, Nusa Penida merupakan daerah tujuan wisata. Selama ini, kebutuhan hidangan laut lebih banyak didatangkan dari luar Nusa Penida. “Nanti dapat digunakan memenuhi kebutuhan seafood bagi wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida, bahkan dikirim ke kawasan restoran dan rumah makan di Bali daratan,” ujar Suwirta yang saat ke lokasi bersama Perbekel Lembongan I Ketut Gede Arjaya dan Kelompok Tani Bakung Sari, Rabu (16/9/2020).

Lanjut Suwirta, selain untuk kebutuhan pariwisata, juga menjadi hidangan masyarakat setempat. Harganya pun akan lebih terjangkau dan ikan masih fresh. “Tambak tersebut nantinya dapat digunakan sebagai objek wisata edukasi,” lanjut bupati asal Ceningan itu.

Namun sebelum mewujudkan rencana itu, bupati Klungkung dua periode ini menegaskan, akan konsultasi dengan para ahli. Sebab yang akan dimanfaatkan adalah kawasan mangrove. Luas mangrove tersebut sekitar 4 hektar.

“Saya sudah bertemu dengan menteri Kelautan. Beliau support ide tersebut dan Pemkab Klungkung sendiri sudah mulai melakukan perencanaan,” jelasnya. Dulu, tambah Suwirta, terdapat tambak ikan bandeng di sana. Namun kini sudah tidak ada. (tim)

BACA JUGA:  Karangasem Ikut Tutup Semua Objek Wisata