Petugas Diminta Kedepankan Sikap Humanis dalam Pendisiplinan Prokes

Salah satu warga dikenakan denda karena kedapatan tak pakai masker. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Petugas gabungan dari Polresta Denpasar, Kodim 1611/Badung dan Satpol PP Kota Denpasar menggelar operasi berupa pendisiplinan protokol kesehatan (prokes)  kepada masyarakat.

“Saya mengaharapkan tetap kita kedepankan sikap humanis di lapangan dan jangan terpancing dengan situasi,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Senin (14/9/2020) di Denpasar.

Dijelaskan, tujuan kegiatan yakni mendisiplinkan masyarakat serta menjalankan instruksi dari Pergub Nomor 46 tahun 2020 dan Peraturan Walikota Denpasar No. 48 tahun 2020 terkait penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Ditambahkan, setelah diberlakukan new normal banyak kegiatan masyarakat di luar pemberitahuan, bahkan tidak sedikit yang mengabaikan protokol kesehatan.

“Kita sadari dan kita rasakan bahwa ada peningkatan penyebaran Covid-19, untuk itu kita harus ingatkan terus kepada masyarakat untuk disiplin,” jelasnya.

Petugas awalnya menuju Pasar Batukandik, Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Utara. Di sana petugas mendapati warung-warung di dalam pasar tanpa dilengkapi tempat cuci tangan.

Kabag Ops Kompol I Putu Gede Putra Astawa, selaku Karendal Ops Polresta Denpasar kemudian mengimbau Kepala Pasar Batukandik agar meminta para pedagang menyediakan tempat cuci tangan di depan warung.

Dari tujuh lokasi yang menjadi sasaran operasi, petugas menemukan sedikitnya 10 orang tidak memakai masker. Kendati demikian, tidak semua dikenakan sanksi berupa denda.

“Ada yang kita lakukan pembinaan dan edukasi karena mereka sedang melaksanakan kegiatan adat. Kegiatan ini tentunya akan terus dilaksanakan dan berkelanjutan dengan harapan masyarakat kita lebih disiplin sehingga dapat memutus mata rantai Covid-19,” tegas Kapolresta. (agw)

BACA JUGA:  Satu Keluarga Digigit Anjing Rabies