Kemendikbud Harap Penyelenggara Pendidikan di Daerah Ciptakan Inovasi di Tengah Pandemi Covid

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat peserta didik untuk berkegiatan dengan aman dan selamat.

“Saya ingatkan agar satuan pendidikan dan dinas pendidikan melakukan kegiatan dengan aman agar dalam memenuhi hak belajar anak, mereka tetap sehat dalam beraktivitas,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri melalui siaran pers, Senin (14/9/2020).

Jumeri juga mendorong agar para pemangku kepentingan pendidikan saling berkolaborasi untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang kreatif sesuai dengan kondisi daerahnya.

“Pendidikan bukan semata tanggungjawab pemerintah pusat melainkan kerja bersama seluruh pihak. Kepada guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan, lakukan ikhtiar kreatif di tingkat daerah. Saya titip betul agar ketertinggalan pembelajaran bisa dikurangi seminimal mungkin,” katanya.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan yang menarik seluruh warga pendidikan dapat saling menginspirasi praktik baik untuk diterapkan maupun dikembangkan di sekolah lain.

“Satuan pendidikan dapat menciptakan kegiatan yang kreatif dan inovatif, seperti gelar diskusi virtual antar sekolah pada satu wilayah,” ujarnya.

Selain menjadi ajang bagi anak-anak untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, kesempatan untuk berbagi praktik baik diyakini Jumeri mampu menginspirasi sekolah lain untuk berbuat hal yang sama.

“Bayangkan setiap satu kecamatan punya satu praktik baik, maka jika kegiatan itu melibatkan 20 kecamatan maka anak-anak kita akan ‘membawa pulang’ 20 praktik baik untuk diterapkan di sekolah. Silakan dikembangkan di tingkat kab/kota,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Mantan Mendiknas Malik Fadjar Meninggal Dunia