Kasus Lakalantas di Denpasar Didominasi Pengendara Motor

Polisi beri teguran simpatik kepada pengendara motor yang tak pakai helm. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Angka kematian akibat kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polresta Denpasar terbilang masih tinggi. Polisi menyebut korbannya didominasi pengendara sepeda motor.

“Salah satu penyebabnya ya karena masih banyak masyarakat belum patuh berlalulintas, seperti berkendara tidak memakai helm,” ucap Kasatlantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo, Sabtu (12/9/2020) di Mapolresta Denpasar.

Padahal kata Kasatlantas, dengan memakai helm saat berkendara bisa meminimalisir luka fatal di kepala jika terjadi lakalantas.

Ditambahkan, banyak alasan dikemukakan pengendara motor ketika ditegur petugas lantaran kedapatan tidak memakai helm.

“Jarak dan kepentingan sering menjadi alasan tidak memakai helm. Padahal kita tidak tahu bahaya seperti apa ketika berada di jalan raya,” jelasnya.

Berbagai upaya dilakukan oleh petugas untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya keselamatan. Selain imbauan dan memberi helm cuma-cuma kepada pengendara motor, saat ini petugas akan mengambil tindakan tegas berupa tilang.

“Jika sebelumnya kita berikan helm kepada masyarakat yang tidak memakai helm, sekarang kita lakukan tilang kepada para pelanggar sebagai pendidikan psikologis,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Sumpah Kumbakarna Berkumandang saat Peringatan Hari Lahir Kota Singaraja