Bupati Klungkung Harapkan Program Merdeka Belajar Jarak Jauh Lebih Optimal

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri acara peluncuran Kartu Internet Merdeka Belajar Telkomsel bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung,(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri acara peluncuran Kartu Internet Merdeka Belajar Telkomsel bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, pada Kamis (10/9/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gede Darmawan dalam laporannya menyatakan Acara peluncuran Kartu Internet Merdeka belajar Jarak jauh (MBJJ) Telkomsel ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung dengan Pihak Telkomsel.

Dimasa pandemi ini Kabupaten Klungkung melakukan sistem pembelajaran secara daring dan luring. Sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan di kabupaten Klungkung menggunakan beberapa aplikasi yakni google classroom, google meet, dan WhatsApp.

Untuk sistem pembelajaran luring, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pemberian tugas dan pemberian ringkasan materi serta pembelajaran menggunakan media siaran pendidikan yang terdapat di Televisi.

Dewa Darmawan menyampaikan Pembelajaran metode daring dan luring merupakan metode pembelajaran yang disepakati oleh keempat Menteri, yakni Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri.

“Kesepakatan ini dilakukan dalam rangka pemberian hak-hak pendidikan kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

General Manager Sales and Digitalization Management Jawa Bali I I Putu Endra Diputra dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT Telekomunikasi Selular memberikan kuota 10 Gb yang bisa diakses oleh murid di Kabupaten Klungkung untuk digunakan dalam melakukan pembelajaran metode Daring.

PT Telkomsel juga membagikan 10.000 kartu gratis yang sudah berisi kuota 10 Gb khusus untuk Kabupaten Klungkung.

I Putu Endra Diputra menambahkan untuk pendaftaran fasilitas Kartu Merdeka Belajar Gratis dari Tekomsel khusus Siswa SD, SMP, SMA, SMK se-kabupaten Klungkung dapat mengakses link berikut : tsel.me/perdanabelajar dan jangka waktu pendaftaran maksimal sampai tanggal 10 September 2020 pukul 16.00 WITA. bantuan ini diberikan sampai akhir tahun 2020.

BACA JUGA:  Turnamen Ceki Diikuti 400 Orang, Bentuk Pelestarian Budaya

I Putu Endra Diputra berharap agar fasilitas yang diberikan atas kerjasama Pemkab Klungkung dan PT Telkomsel ini dapat digunakan dengan baik dalam mengikuti Proses pembelajaran Daring.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan PT. Telkomsel kepada masyarakat Klungkung dalam hal pendidikan.

Bupati Suwirta mengharapkan kepada Dinas Pendidikan Pemkab Klungkung agar dapat mengarahkan siswa, supaya dapat menggunakan bantuan yang diberikan ini dengan baik dalam mengikuti pembelajaran dan kepada Guru dan Orang tua agar membantu melakukan pengawasan pemakaian internet pada siswa selama mengikuti pembelajaran dengan metode daring.

Serta kepada para siswa, diharapkan agar bantuan kuota internet yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode daring.

“Kami Mengajak Masyarakat Klungkung untuk tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari,” Ajak Sekda Winastra selaku Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung.

Dalam acara tersebut, diisi dengan Penandatangan secara simbolis Dukungan Program Pendidikan Merdeka Belajar Jarak Jauh antara PT Telekomunikasi Seluler dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung dan penyerahan secara simbolis perdana Kartu Internet Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) kepada masing-masing siswa Tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK serta penyerahan Piala Lomba KSN (Kompetisi Siswa Nasional) tingkat SD dan KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Klungkung.

Adapun penerima hadiah lomba KSN tingkat SD Kabupaten Klungkung Tahun 2020 antara lain, I Kadek Mahesa Wira Pramana SDN 1 Semarapura Klod bidang Studi Matematika, Agoes Hocky Ananda Krisnha SDN 1 Kamasan bidang Study IPA dan penerima hadiah lomba KOSN tingkat SD dan SMP Kabupaten Klungkung Tahun 2020 antara lain Dewa Ayu Citari SDN 1 Getakan Cabor Atletik SD Pi, I Made Pande Prayuna Diarta SMPN 2 Banjarangkan cabor Atletik SMP Pi, Kadek Gian Santana SDN 1 Semarapura Kangin Cabor Renang SD PA, Luh Made Budiartini Bandem SMPN 1 Semarapura Cabor Renang SMP Pi, I Gede Satria Diandra Putra SDN 1 Semarapura Kangin Cabor Bulutangkis SD PA, Putu Lanang Ery Prajanadi Sukma cabor Bulutangkis SMP Pa, Ni Kadek Ayu Purnama Dewi SDN 4 Kusamba cabor Pencak Silat SD Pi, Ni Wayan Indah Yuliana Dewi SMPN 2 dawan cabor Pencak Silat SMP Pi, Komang Restu Satwikayana SDN 1 Semarapura Tengah Cabor Karate SD Pa, I Kadek Angga Pradita SMPN 1 Semarapura cabor Karatew SMP pa. (tim)