Sidak Masker, 34 Orang Kena Teguran, Nihil Denda

Petugas saat melakukan sidak pengunaan masker kepada masyarakat.(foto: ist)

Beritabalionlin.com – Terkait ketentuan wajib pemakaian masker yang dilakukan oleh satpol PP Kabupaten Gianyar, masih nihil denda. Sidak dilakukan di jalan raya Sukawati, dari depan kantor camat sampai selatan pasar Sukawati, Selasa (8/9).

Dalam sidak tersebut sekitar 34 orang mendapat teguran karena memakai masker tidak sesuai aturan. Sementara denda yang diberlakukan masih nihil. “Karena sosialisasi dan edukasi dilakukan sebelumnya sangat gencar, maka saat sidak tadi dengan TNI dan Polri ada temuan tanpa masker nihil, sedangkan yang memakai masker tidak benar sebanyak 34 orang, itu langsung kita tegur/ peringati.  Tujuannya tiada lain untuk kesehatan dan keselamatan diri sendiri,  keluarga dan lingkungan sekitar kita, sehingga covid- 19 bisa dicegah dengan baik hingga memutus mata rantainya,” jelas Kasat Pol PP Gianyar, I Made Watha.

Watha mengatakan sidak yang dilakukan menyasar aktivitas masyarakat di Jalan Raya Sukawati, depan kantor Camat Sukawati sampai selatan pasar Sukawati. Selama sidak, diakui masyarakat sudah mentaati prokes sehingga tidak ada yang sampai kena denda Rp 100.000.

“Kita bersama jajaran dari unsur TNI-Polri memantau setiap masyarakat yang melintas maupun beraktivitas di tempat umum,” jelasnya.

Hasil pemantauan, tim gabungan belum menemukan orang yang tanpa masker. Hanya sering kali mendapati masyarakat yang kurang tepat memakai masker. Misalnya, ada yang pakai masker tapi hidung masih terlihat. Ada pula yang maskernya dilipat sampai bawah dagu. “Ada sekitar 34 orang yang kita tegur, agar memakai masker dengan baik dan benar. Yakni menutupi hidung, mulut hingga dagu,” jelas Watha.

Menurut Watha, sidak masker ini ingin menyadarkan masyarakat jika Covid-19 ini masih mengintai. “Bahwa prokes itu penting, seperti pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” jelasnya.

BACA JUGA:  Hari Ini, Pasien Positif Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 93 orang, Sembuh 59

Prokes yang dilakukan setidaknya bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gianyar.  “Prokes ini sekaligus untuk kesehatan maupun keselamatan diri sediri, keluarga dan lingkungan itu sendiri. Untuk mempercepat mata rantai penyebaran Corona,” jelasnya.

Selain menggelar sidak masker, petugas juga keliling mengecek tempat usaha di wilayah Gianyar. “Pengecekan di perusahaan atau toko modern semuanya telah mentaati prokes,” terangnya.

Tempat-tempat usaha yang sempat didatangi telah menyediakan tempat cuci tangan atau wastafel, hand sanitizer. “Pengunjung dan karyawannya pakai masker. Nihil sanksi,” ujar Watha. (yes)