APBD Klungkung 2021 Fokus Kepada Pemulihan Ekonomi

Suasana sidang paripurna DPRD Klungkung beberapa waktu lalu.

Beritabalionline.com – Kalangan anggota DPRD klungkung sepakat sekaligus mendorong upaya-upaya pihak eksekutif untuk fokus dalam pemulihan ekonomi masyarakat pada tahun 2021.

Ketua DPRD Klungkung , Anak Agung Gde Anom mengatakan, dewan sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Bupati Nyoman Suwirta untuk fokus pada pemulihan ekonomi melalui APBD 2021 . Walaupun pendapatan menurun, tapi pemulihan ekonomi itu harus tetap jalan dilakukan secara berkelanjutan.

Salah satu kegiatan untuk pemulihan ekonomi adalah pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan padat karya, kelanjutan program bedah rumah dan rehab rumah untuk warga miskin, termasuk bea siswa untuk siswa miskin, serta bantuan stimulus untuk warga yang terdampak pandemi covid-19.

Seperti diketahui Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam sidang DPRD Klungkung mengatakan, APBD 2021 Kabupaten Klungkung dirancang sebesar Rp 1,1 triliun. Dari angka tersebut terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) Rp 242 miliar, pendapatan transfer sebesar Rp 883 miliar / lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp 23 miliar.

Belanja daerah dirancang Rp 1,3 triliun , terdiri dari belanja operasional Rp 1 triliun, belanja modal Rp 172 miliar , belanja tidak terduga Rp 500 juta dan transfer pada APBD 2021 Rp 125 miliar .

Anggaran tersebut secara umum untuk pemulihan perekonomian masyarakat melalui pembangunan pariwisata, bantuan sosial kegiatan masyarakat hingga pemulihan secara langsung di masyarakat dengan program-progeam pelatihan perekonomian. (yes)

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 di Bali Bertambah 33 Orang Terdiri Dari 2 WNA dan 31 WNI