Terpisah dari Rombongan, 6 Pendaki Tersesat di Puncak Adeng, Tabanan

Tim SAR evakuasi pendaki yang tersesat di Puncak Adeng, Tabanan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Tim SAR gabungan mengevakuasi 6 orang yang tersesat di Puncak Adeng, Kabupaten Tabanan. Keenam orang tersebut sebelumnya terpisah dari rombongan saat mendaki.

“Target ditemukan sekitar pukul 07.30 Wita tadi pagi pada posisi 90 meter arah timur koordinat awal dilaporkan,” terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, Senin (7/9/2020) di Denpasar.

Dijelaskan, awalnya keenam orang tersebut bergabung dengan rombongan berjumlah 25 orang dan memulai pendakian, Minggu (6/9/2020) pagi.

Namun ketika turun kurang lebih pukul 23.28 Wita, para pendaki masing-masing Fauzi (19), Anjas (21), De Ardi (20), Dewa (20), Novita (20) dan Adi (20) tersesat di persimpangan sehingga terpisah dari rombongan.

Basarnas Bali yang menerima laporan menerjunkan 8 orang personel dan langsung melakukan pendakian di ketinggian ± 900 MDPL.

Dikatakan Darmada, proses pencarian tidak mengalami kendala berarti karena target masih bisa untuk share lokasi, sehingga teknologi Ripiter Digilog yang dimiliki Basarnas dengan mudah memantau para pendaki yang tersesat.

Saat ditemukan, keenam pendaki dalam kondisi sehat dan tidak ada yang mengalami cidera berat.

“Semua selamat dan sehat dan hanya ada satu orang mengalami kram tapi masih bisa berjalan meski pelan,” jelasnya.

“Selama proses operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR lain di antaranya BPBD Tabanan, Polsek Baturiti, pemandu lokal, masyarakat setempat dan pihak kerabat dari target,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Musim Penghujan, Polresta Denpasar Tanam Bibit Pohon