Mulai Hari ini, Denda Rp100 Ribu untuk Masyarakat Tak Gunakan Masker Resmi Diberlakukan di Bali

Wagub Cok Ace bersama Danrem 163/Wira Satya saat apel gelar pasukan. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Mulai hari ini, Senin (7/9/2020) Pergub Bali nomor 46 tahun 2020 yang salah satu pointnya berisi denda Rp100 ribu kepada masyarakat tak pakai masker saat beraktivitas di luar rumah mulai diberlakukan.

“Ini kan sudah satu minggu kita sosialisasikan dan mulai hari ini Pergub tersebut diimplementasikan,” kata Wakil Gubernur Bali Cok Ace usai memimpin apel gelar pasukan implementasi Pergub di Lapangan Puputan Badung, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Bali terus melakukan berbagai upaya guna menekan penyebaran Covid-19, di mana kasusnya yang terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

Meningkatnya kasus Covid di Bali kata Cok Ace disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dengan protokol kesehatan, apalagi saat ini beberapa obyek wisata telah dibuka.

“Kita lihat pergerakan masyarakat lokal di obyek-obyek wisata seperti Kintamani, Bedugul dan lainnya sangat intens. Mohon maaf kesadaran mereka menggunakan masker juga kurang,” jelasnya.

Dengan kurangnya kesadaran masyarakat terutama para remaja dalam hal protokol kesehatan, hal ini telah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Bali.

“Mungkin yang imunitasnya bagus karena masih muda tidak terasa jika sudah terinfeksi virus. Tapi ketika mereka kembali ke rumah yang di sana ada orangtua, nenek dan kakeknya, tanpa disadari sudah menjadi penyebar,” terang Wagub.

“Dan sebagaimana kita lihat saat ini, kasus Covid-19 di Bali lebih banyak berasal dari transmisi rumah tangga,” sambungnya.

Ditanya terkait masyarakat tidak bisa membayar denda jika kedapatan tidak memakai masker, Cok Ace menyatakan jika Pergub beda dengan peraturan pemerintah yang lain sehingga penerapannya dilakukan berbeda.

“Jika memang saat itu tidak bisa membayar, kita minta identitasnya sementara. Namun yang kita harapkan adalah kesadaran bersama guna mencegah penyebaran Covid di Bali,” ucap Cok Ace. (agw)

BACA JUGA:  DPD Ferari Bali Gandeng Universitas Ngurah Rai Gelar Ujian Advokat