Kapolresta Denpasar Dukung Pergub Terkait Sanksi Denda Rp100 Ribu bagi Warga Tak Pakai Masker

Seorang petugas kepolisian memasangkan masker kepada warga masyarakat. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan Pergub yang salah satu isinya memuat aturan denda sebesar Rp100 ribu bagi masyarakat yang tak menggunakan masker.

“Sanksi yang tertuang dalam Pergub tersebut tentu kita dukung 100 persen,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Jumat (4/9/2020) di Denpasar.

Menurutnya, penegakan terkait Perda merupakan wewenang Satpol PP, namun Polri dan TNI berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Jika nantinya ada masyarakat berkeberatan dikenai denda dan melakukan perlawanan yang menjurus ke arah pidana, Kombes Jansen menyatakan hal itu akan menjadi tugas polisi.

“Itu kan ada sanksi pidananya yakni melawan pejabat negara yang sedang menjalankan tugas. Tapi harapan kita tidak terjadi seperti itu, dan berharap masyarakat mematuhi upaya pemerintah mencegah penyebaran Covid di Bali,” tegasnya.

Sebelumnya Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan Pergub yang salah satu isinya memuat aturan denda sebesar Rp100 ribu bagi masyarakat yang tak menggunakan masker.

Gubernur menyebut, denda tersebut dimaksudkan agar masyarakat semakin disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Bali.

Untuk pengawasan serta penegakan peraturan di lapangan akan melibatkan perangkat daerah dengan dibantu TNI, Polri, desa adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Sebelum secara resmi diberlakukan denda, akan dilaksanakan sosialisasi selama dua minggu, setelah itu denda diberlakukan secara efektif sejak Pergub dikeluarkan,” jelasnya.

Gubernur menegaskan, Pergub yang dikeluarkan bukan semata-mata atas inisiatif Pemerintah Provinsi Bali, namun sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat.

“Pergub terkait denda ini tidak saja berlangsung di Bali, di beberapa daerah sudah berlangsung, dan ini sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat,” tegasnya.

BACA JUGA:  Terungkap, Bule Meninggal di Jalan Imam Bonjol, Denpasar Positif Corona

Tidak hanya masyarakat yang dikenakan denda administrasi jika tidak menggunakan masker pada saat beraktivitas dan berkegiatan di luar rumah, pemilik usaha yang melanggar juga dikenakan denda.

Berbeda dengan masyarakat yang dikenakan denda Rp100 ribu, pemilik usaha dikenakan denda sebesar Rp1 juta jika terjadi pelanggaran di sebuah perusahaan. (agw)