Berkas Dilimpahkan ke Pengadilan, Jerinx SID Segara Diadili, Ditangani 7 Jaksa

Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali A. Luga Herliato. (FOTO : Sar/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Sidang kasus ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diduga dilakukan oleh drammer grup band Superman Is Dead (SID) I Gede Ari Astina alias Jerinx tidak lama lagi bakal digelar.

Ini menyusul sudah dilakukannya pelimpahan berkas acara pemeriksaan (BAP) dari Kejaksaan ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (3/9/2020).

Kasi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali A. Luga Herliato membenarkan saat dikonfirmasi terkait pelimpahan berkas ke Pengadilan.

“Berdasar informasi bapak Kasipidum Denpasar bahwa perkara atas nama I Gede Ari Astina alias JRX telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Denpasar,” katanya Luga yang ditemui di kantor Kejari Denpasar, Kamis (3/9/2020).

Dikatakan Luga, proses pelimpahan perkara ini adalah pelaksana dari
Pasal 137 KUHAP dimana Kejati Bali memiliki kewenangan untuk melimpahkan perkara ke pengadilan untuk segera diadili.

Menurut Luga, ada 7 jaksa yang akan menangani perkara Jerinx, mereka terdiri dari 4 jaksa di Kejati Bali dan 3 jaksa di Kejari Denpasar.

“Dengan adalah pelimpahan ini maka mulai saat ini proses penanganan itu secara administrasi berada di Kejari Denpasar. Dan mulai saat ini pula Kejaksaan tinggal menunggu jadwal sidang dari Pengadilan,” tambahnya

Sementara itu, I Made Pasek, Humas PN Denpasar ditemui ditempat terpisah membenarkan telah menerima pelimpahan perkara Jerinx SID dari Kejaksaan.

Dikatakan, perkara Jerinx saat ini sedang diproses di bagian Pidana untuk diberi nomor perkara dan penujukan majelis hakim yang akan menyidangkan.

“Siapa nanti majelis hakim yang akan menyidangkan perkara ini, itu nanti Ketua PN yang akan menunjuk,” terang Pasek sembari mengatakan untuk saat ini jadwal sidang kasus Jerinx belum ditentukan hari dan tanggalnya.

BACA JUGA:  Dituduh Dukun Santet, Kakek 71 Tahun di Denpasar Ditebas Senjata Tajam

Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Denpasar Soebandi langsung bertindak cepat dan menunjuk 3 hakim senior sebagai majelis hakim yang akan menyidangkan perkara Jerinx.

Ketiga hakim tersebut adalah Ida Ayu Nyoman Abdya Dewi sebagai ketua majelis, I Made Pasek dan I Dewa Made Budi Watsara masing-masing sebagai hakim anggota. Sementara sidang perdana kasus jerinx akan digelar, Kamis (10/10/2020). (sar)