Bupati Suwirta Resmikan Armada Transportasi yang Layani 6 Trayek Perintis di Nusa Penida

Bupati Suwirta didampingi Ketua DPRD AA Gde Anom resmikan angkutan perintis di Nusa Penida. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Sebanyak delapan unit mobil minibus siap beroperasi untuk meningkatkan pelayanan angkutan keperintisan di wilayah Kabupaten Klungkung khususnya di Kepulauan Nusa Penida.

Peresmian armada transportasi tersebut dilakukan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Anom, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali NTB, Muiz Thohir,  Rabu (2/9/2020) di area pelabuhan Roro, Nusa Penida.

Kepala BPTD Wilayah XII Bali NTB, Muiz Thohir  mengatakan, bahwa salah satu konsistensi yang dilakukan pemerintah di bidang infrastruktur khusus di bidang perhubungan adalah bagaimana menciptakan konektivitas antar dan inter wilayah darat dengan menyediakan angkutan keperintisan.

“Ini dilakukan supaya dapat menjangkau saudara-saudara kita yang berada di pulau terluar dan terpencil,” ujarnya.

Kepala BPTD Wilayah XII Bali NTB, Muiz Thohir menerangkan, pihaknya telah memberikan sejumlah delapan unit minibus perintis untuk Kabupaten Klungkung. Pejabat yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Pulau Nusa Penida ini berpesan agar seluruh pihak dapat menjaga dan ikut merawat sarana transportasi tersebut.

“Delapan unit armada Perintis  ini akan diserahkan pengoperasiannya kepada Perum Damri untuk melayani 6 trayek perintis di Nusa Penida dengan rute trayek, Batununggul – Batumadeg, Suana – Ped dan Jungut Batu–Lembongan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan, Kabupaten Klungkung mendapatkan delapan unit angkutan perintis dikarenakan Nusa Penida merupakan pulau terluar yang belum terjamah oleh angkutan-angkutan swasta secara penuh. Bupati Suwirta berharap, dengan adanya angkutan perintis di Nusa Penida ini bisa membantu masyarakat khususnya dibidang transportasi.

“Angkutan perintis ini akan dikoneksikan dengan angkutan siswa gratis yang sepenuhnya juga dikelola Perum Damri. Jadi mimpi kita (pemerintah) untuk menyediakan angkutan siswa gratis di Nusa Penida sudah terpenuhi, disamping angkutan perintis ini digunakan oleh masyarakat umum, “ terang birokrat Asal Nusa Ceningan ini.

BACA JUGA:  Bersenjata Laras Panjang, Personel Brimob Sisir Kawasan Denpasar dan Badung

Selain itu, keberadaan angkutan perintis ini diharapkan mampu memberikan daya ungkit maupun pendorong terhadap proses ekonomi yang sedang terpuruk sehingga nantinya angkutan-angkutan lain bisa berkembang.

“Mudah-mudahan angkutan perintis ini bisa memberikan semangat dan manfaat bagi warga Nusa Penida,” demikian Bupati Suwirta. (ist)