Doni Monardo Sebut Ada Daerah Tingkat Kepatuhan Pakai Masker di Bawah 50 %

Doni Monardo. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengungkap, kepatuhan warga menggunakan masker masih rendah. Bahkan tingkat kepatuhannya di bawah angka 70 persen. Beberapa daerah malah ada yang di bawah 50 persen.

“Data yang telah kita kumpulkan dan research beberapa lembaga, 90 persen masyarakat sudah paham tentang kewajiban menggunakan masker. Tetapi tingkat kepatuhannya masih di bawah 70 persen, bahkan ada daerah yang tingkat kepatuhananya di bawah 50 persen,” ujar Doni di Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Doni berharap, warga mematuhi menggunakan masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Bahkan, dia mengingatkan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden No.6 Tahun 2020 tentang sanksi tidak disiplin protokol kesehatan.

“Presiden keluarkan Inpres No. 6 tentang sanksi kepada mereka yang melanggar protokol kesehatan,” ujar Doni.

Namun, dia mengatakan, mengerjakan sesuatu lebih efektif dengan kesadaran dibanding karena dorongan penegakan hukum. Karena itu, diharapkan masyarakat memiliki kesadaran individu dan kesadaran kolektif.

“Oleh karenanya kami mengharapkan ada kesadaran bukan hanya kesadaran individu tetapi kesadaran kolektif,” ucapnya. (itn)

BACA JUGA:  Pemerintah Sebut Social Distancing Cara Paling Benar Cegah Penularan Corona